Perusahaan Transportasi Bisa Ajukan Perizinan Kendaraan Secara Online

Sistem IT berbasis online juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja Perum PPD

Perusahaan Transportasi Bisa Ajukan Perizinan Kendaraan Secara Online
istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumedi menyimak paparan oleh Direktur Perum PPD Tatan Rustandi saat meresmikan aplikasi fleet management system (FMS) yang digunakan PPD untuk mengendalikan operasional seluruh 700 armada bus dalam jaringan TransJakarta dan TransBodetabek. PPD adalah pelopor penggunaan FMS yang menjadikan kinerjanya makin efektif dan efisien. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi mengatakan, perizinan sistem online memudahkan perusahaan transportasi maupun perusahaan penyedia aplikasi jasa transportasi berbasis aplikasi untuk melakukan perizinan kendaraannya.

"Pengusaha tidak perlu datang ketempat perizinan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat peresmian penggunaan perizinan sistem online dan peluncuran penggunaan Fleet Management System (FMS) Perum PPD.

Dikatakannya, penyedia jasa transportasi selaku content provider, haruslah memenuhi perizinan di bidang transportasi.

Berdasarkan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PP No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, Perusahaan angkutan umum wajib memenuhi standar pelayanan minimal yang meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan, yang ditetapkan berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan.

Selain peresmian perizinan online, pada hari yang sama juga diresmikan Fleet Management System yang dikembangkan oleh Perum PPD (Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta).

Sistem IT berbasis online juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja Perum PPD.

Sejak dulu pemerintah terus mendorong para operator untuk dapat membangun sistem yang baik demi efektifitas.

“Manajemen perusahaan operator bus harus baik sehingga dapat meningkatkan kinerja yang nantinya berimbas kepada efektivitas perusahaan” ujar Tatan Rustandi.

Salah satu perusahaan otobus yang telah siap dengan system ini adalah perum PPD yang memanfaatkan teknologi IT berbasis online “Fleet Management System”.

Setidaknya ada 4 hal yang disasar oleh sistem ini yakni sumber daya manusia, pemeliharaan, operasional, dan keuangan.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help