5.000-an Peserta Meriahkan Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga

Ruas tol ini makin dikenal saat beberapa foto netizen yang menggambarkan keindahkan panorama di sekitar gerbang tolnya viral di media sosial.

5.000-an Peserta Meriahkan Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga
HANDOUT
Peserta Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga bersiap start, Minggu (13/8/2017) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan Tol Ruas Bawen-Salatiga disebut-sebut sebagai ruas jalan tol terindah di Indonesia karena memiliki pemandangannya berlatar belakang beberapa gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Merbabu.

Ruas tol yang dikelola Jasa Marga ini makin dikenal saat beberapa foto netizen yang menggambarkan keindahkan panorama di sekitar gerbang tolnya viral di media sosial.

Memanfaatkan momen itu, Jasa Marga kemudian menggelar Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga. Acara ini terbukti mampu memancing peserta dengan lebih dari 5000 orang yang berpartisipasi.

Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Minggu (13/8/2017) menyebutkan, kegiatan yang digelar sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Semarang Solo, khususnya ruas Bawen-Salatiga yang terbentang sepanjang 17,57 km.

Acara dimulai dengan pelepasan peserta Fun Walk menempuh jarak 5 km, yang dilanjutkan dengan Fun Bike Jarak Pendek (Short Distance) dengan jarak 22,7 km dan Fun Bike Jarak Jauh (Long Distance), dengan jarak 35 km.

Sebelumnya, juga dilakukan pelepasan peserta Running Race dengan jarak 22,7 Km yang diikuti oleh 88 orang peserta lari profesional. Rangkaian acara ini dimulai pukul 06.00 WIB.

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BPJT Herry TZ, Dirjen Bina Marga Ari S Murwanto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Dirut Jasa Marga, direksi, dan Dirut PT Trans Marga Jateng Yudhi Krisyunoro.

Pelepasan peserta ditandai pengibaran bendera start (flag off). Peserta disuguhi indahnya Panorama Gunung Merbabu saat race ini. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Jalan Tol Ruas Bawen-Salatiga ini sebagai bentuk pesta rakyat menyambut tersambungnya Jalan Tol Bawen-Salatiga.

"Kita mengapresiasi keindahan Jalan Tol Bawen-Salatiga, keindahan alam dan lingkungannya sangat baik, serta didukung dengan kualitas jalan yang di atas rata-rata," sebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, mengomentari kegiatan ini.

Menurut Dirut Jasa Marga Desi Arryani,  Festival Jalan Tol ini merupakan upaya rasa syukur atas hadirnya Ruas Tol Baru Bawen-Salatiga.

"Dengan terselenggaranya acara ini, kita mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk memiliki dan menjaga bersama ruas jalan tol Bawen-Salatiga yang akan diresmikan akhir bulan Agustus 2017 ini," ungkapnya.

Keberadaan ruas baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan geliat perekonomian di provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya.

Disamping rangkaian acara di atas, Menteri PUPR juga melakukan video conference dengan Direktur Utama PT Trans Marga Jatim Raharjo, tentang rencana pengoperasian Jalan Tol Gempol Pasuruan segmen Gempol-Bangil yang melengkapi segmen Bangil-Rembang yang telah beroperasi sebelumnya.

Acara juga disertai dengan penyerahan bantuan 3.655 bibit pohon rambutan rapi’ah untuk tiga kelurahan di Kabupaten Semarang, masing-masing Kelurahan Ujung-Ujung sebanyak 1.400 bibit), Kelurahan Barukan (1.255 bibit ) dan Kelurahan Nyamat (1.000 bibit).

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help