Tol Ruas Bawen–Salatiga Resmi Beroperasi, Sementara Hanya untuk Kendaraan Kecil

Saat ini PT Trans Marga Jateng sedang menyelesaikan pembangunan konstruksi Ruas Salatiga-Kartosuro, sepanjang 32,20 km

Tol Ruas Bawen–Salatiga Resmi Beroperasi, Sementara Hanya untuk Kendaraan Kecil
PT TRANNS MARGA JATENG
Ruas jalan tol Bawen-Salatiga 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo resmi mulai dioperasikan hari ini, Jumat, 15 September 2017. Untuk tahap awal, ruas tol ini akan dioperasikan tanpa tarif sampai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut.

Pengoperasian Ruas Bawen-Salatiga merujuk pada Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol Semarang-Solo Segmen III Bawen-Salatiga dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor : AJ.005/I/18/DJPD/2017 tanggal 24 Agustus 2017 dan Sertifikat Laik Operasi Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol nomor : JL.03.04-P/339 tanggal 14 September 2017

Ruas tol Bawen-Salatiga bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng. Perusahaan ini merupakan konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

Pengoperasian seksi III : Ruas Bawen-Salatiga melengkapi pengoperasian seksi I : Ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 km pada bulan November 2011 dan seksi II : Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 km pada bulan April 2014.

Baca: Tiga BUMN Bersinergi, Luncurkan JM Access

Saat ini PT Trans Marga Jateng sedang menyelesaikan pembangunan konstruksi Ruas Salatiga-Kartosuro, sepanjang 32,20 km, sehinggal nantinya total panjang Jalan Tol Semarang-Solo akan menjadi 72,64 km.

Hanya Kendaraan Kecil

Ruas Bawen-Salatiga dioperasikan sementara hanya untuk kendaraan umum (kecil), kecuali jenis bus dan truk.

Pengoperasian Ruas Bawen-Salatiga sekaligus menandai perubahan sistem transaksi tol.

Baca: Perum Damri Pakai OBU Cegah Supir Gunakan Uang Tol Beli Rokok

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved