Darmin Nasution Klaim, Segitiga Indonesia-Malaysia Thailand Bisa Ciptakan Kemakmuran Bersama

“Saya percaya kerjasama yang lebih kuat, akan berdampak pada integrasi yang lebih dalam khususnya dalam menciptakan kemakmuran bersama"

Darmin Nasution Klaim, Segitiga Indonesia-Malaysia Thailand Bisa Ciptakan Kemakmuran Bersama
Syahrizal Sidik
Menko Perekonomian Darmin Nasution 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Sebagai salah satu kerjasama sub-regional, Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) memainkan peran penting dalam mewujudkan sasaran dari Komunitas ASEAN, khususnya dalam menciptakan kesejahteraan di wilayah IMT-GT

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, IMT-GT tidak hanya sekedar sebagai kerja sama ekonomi tiga negara, tetapi juga sebagai satu kawasan ekonomi terpadu dan akhirnya mendukung integrasi pertumbuhan antar tiga negara tersebut.

“Saya percaya kerjasama yang lebih kuat, akan berdampak pada integrasi yang lebih dalam khususnya dalam menciptakan kemakmuran bersama,”  ujar Darmin, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Sepanjang 2012 hingga 2015, kata Darmin, total investasi ke wilayah IMT-GT meningkat hingga 19 persen dari 12,6 miliar dolar AS pada 2012 menjadi 15,1 miliar dolar AS pada 2015.

“Kami berharap investasi terus mengalir ke kawasan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle karena pemerintah dan bisnis saling membantu satu sama lain untuk meningkatkan daya saing daerah secara terus menerus," tutur Darmin.

Baca: Seperti Ini Alur Dugaan Aliran Duit Proyek e-KTP ke Setya Novanto Lewat Keponakannya

Darmin mengatakan, ‎perlunya kerja sama yang erat antara IMT-GT, baik dengan sektor swasta maupun pemerintah daerah.

Karena itu, IMT-GT telah menyediakan platform bagi swasta maupun negara-negara anggota untuk berkontribusi secara luas dalam pembangunan ekonomi daerah di negaranya. 

Sejauh ini beberapa proyek kerja sama IMT-GT tengah dikembangkan terutama pada sektor pariwisata, transportasi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved