Pegiat Koperasi Apresiasi Fintech LPDB

Firdaus Putra Aditama mengapresiasi inovasi Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Kopkun (Koperasi Konsumen) Institute asal Purwokerto, Firdaus Putra Aditama mengapresiasi inovasi Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo di bidang jasa finansial (fintech). 

Menurutnya, hal itu bisa memperluas dan mempermudah akses kemanapun dan siapapun.

"Karena selama ini dari dulu banyak oknum yang memanfaatkan soal akses terkait peminjaman dana bergulir," kata Firdaus Putra Aditama, Kamis (5/10/2017).

Firdaus mengakui, sistem online itu bisa mengurangi praktik "percaloan" yang dilakukan oknum. Tentu saja, kata dia, LPDB bisa lebih terakses ke daerah-daerah.

Terkait kendala kemungkinan gagap teknologi bagi pelaku usaha mikro dari kalangan orangtua yang ingin meminjam dana usaha, Firdaus yakin LPDB sudah memikirkannya.

"Pada kasus yang seperti itu, LPDB bisa kerjasama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu di daerah atau Dinas Koperasi untuk membantu entri datanya," ungkapnya.

Ditegaskan kembali oleh Firdaus yang juga Tokoh 17 Agustus tahun 2017 versi Koran Tempo ini, kesulitan yang dihadapi calon peminjam dana usaha adalah panjangnya jalur birokrasi yang harus dilewati. 

"Karena dulu sebelum online, kita harus menyiapkan segepok dokumen persyaratan ini itu. Dijilid terus diantar ke Jakarta atau via pos. Nah, kalau begitu kan, kita tidak tahu apakah dokumen sampai pada orang yang tepat atau tidak." tutur Firdaus yang juga Pengurus Kopindo Jakarta ini.

Sebelumnya diketahui, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo menggagas inovasi dengan konsep Financial Technologi (FinTech).

Program ini bertujuan untuk mempermudah mitra koperasi dan UKM agar bisa mengajukan pinjaman secara online. 

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved