PLN Yakin Listrik Pulau Kelong Bisa Terpenuhi 100 persen

PT PLN (persero) mengoperasikan mesin pembangkit tambahan 500 kilo Watt di Pulau Kelong, Kepulauan Riau.

PLN Yakin Listrik Pulau Kelong Bisa Terpenuhi 100 persen
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas PLN dengan alat berat berusaha mengangkat trafo listrik untuk memperbaiki tiang yang miring di Jalan Pasar Ikan Lama, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/10/2017). Miringnya tiang akibat adanya galian kabel, sehingga membahayakan warga yang melintas. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (persero) mengoperasikan mesin pembangkit tambahan 500 kilo Watt di Pulau Kelong, Kepulauan Riau.

Dengan tambahan pasokan daya ini PLN siap melistriki 162 Kepala Keluarga yang belum menikmati listrik agar rasio elektrifikasi di Pulau Kelong bisa 100 persen.

General Manager PLN Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau M. Irwansyah Putra menilai ini pasokan listrik Pulau Kelong cukup melayani 508 pelanggan dengan mengoperasikan 5 mesin dengan daya 730 kW. Karena beban puncak saat ini baru mencapai 380 kW.

“Penambahan mesin baru berkekuatan 500 kW tentunya akan meningkatkan daya mampu menjadi 1.230 kilo Watt," ujar Irwansyah, Jumat (13/10/2017).

Penambahan listrik di Pulau Kelong kata Irwansyah selain untuk memenuhi tambah daya pelanggan juga untuk industri. Dalam hal ini pabrik es dan PDAM akan terbangun di wilayah itu.

"Tambahan listrik juga memenuhi kebutuhan calon pelanggan baru seperti perusahaan pengalenggan ikan," kata Irwansyah.

Pemasangan unit pembangkit bermesin diesel dengan kapasitas 500 kW ini terhitung cepat. Membutuhkan waktu selama 20 hari terhitung sejak mesin tersebut tiba di lokasi.

“Prosesnya lebih cepat 10 hari dari yang direncanakan. Bahkan hingga saat ini mesinnya sudah beroperasi 7 hari tanpa mengalami gangguan mesin," papar Irwansyah.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help