Menteri Perindustrian Berhasil Yakinkan 500 Pengusaha Jepang Untuk Investasi ke Indonesia

Saya senang sekali dengan Menperin Indonesia yang baru ini, rasanya punya keyakinan diri

Menteri Perindustrian Berhasil Yakinkan 500 Pengusaha Jepang Untuk Investasi ke Indonesia
Ist
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyerahkan bintang jasa utama Indonesia kepada DR Takashi Shiraishi (67) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Perindustrian Indonesia Airlangga Hartarto berhasil meyakinkan 500 pengusaha Jepang dalam forum bisnis di Tokyo Selasa ini untuk investasi di Indonesia.

"Saya senang sekali dengan Menperin Indonesia yang baru ini, rasanya punya keyakinan diri untuk investasi ke Indonesia buka usaha di sana," papar Tyuji Kitagawa, CEO Trend Japan khusus kepada Tribunnews.com setelah mengikuti forum bisnis tersbeut.

Menteri Airlangga pun hari ini memberikan bintang jasa utama dari pemerintah Indonesia kepada DR Takashi Shiraishi (67) Presiden IDE-JETRO yang juga profesor kehormatan National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) dan juga profesor hubungan internasional Universitas Ritsumeikan.

"Kita sebut dia peneliti Indonesianis yang banyak berjasa membantu banyak kalangan pendidikan tinggi Indonesia seperti kalangan UI, GajahMada, ITB sehingga mereka bisa bersekolah di GRIPS dan juga para pejabat tinggi Indonesia juga banyak yang bis amengecap ilmu pengetahuan dari GRIPS berkat bantuannya," papar Airlangga khusus kepada Tribunnews.com.

Menteri Airlangga juga bertemu Chaiman Jetro Hiroyuki Ishige yang akan membantu Indonesia khususnya membawa banyak perusahaan skala kecil menengah (UKM) bidang elektronik, otomotif food & beverages ke Indonesia.

"Kita butuh memperkuat UKM dan pihak Jepang kita harapkan bisa ikut semakin banyak investasi dan membantu para UKM Indonesia nantinya."

Hubungan people to people juga akan ditingkatkan antara kedua negara terutama kalangan bisnis dan itu akan diusahakan Ishige lebih lanjut.

Selain itu Menteri Airlangga juga bertemu Chairman Mitsubishi Motors, Fujitrans untuk membicarakan kawasan industri maritim, JFE Steel, Sango Corporation, Keidanren dan berbagai pengusaha besar Jepang lainnya.

"Dengan Keidanren khususnya dengan Shigeo Ohyagi Ketua Komisi Indonesia-Jepangnya, kita bicara peningkatan bisnis to bisnis kedua negara apalagi persiapan perayaan 60 tahun Indonesia-Jepang tahun 2018 mendatang. Mereka sangat mendukung sekali," ungkapnya lagi.

Besok Rabu Menteri Airlangga akan menuju Nagoya lalu menuju Fukuoka dan langsung ke jakarta dari Fukuoka pada hari Sabtu (21/10/2017).

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help