Membangun Kemandirian Usaha Mikro-Kecil Lewat Program Pelatihan

"Selain mitra binaan mendapatkan ilmu baru, mereka juga berkesempatan untuk membangun jaringan usaha."

Membangun Kemandirian Usaha Mikro-Kecil Lewat Program Pelatihan
HANDOUT
Pelatihan UMKM mitra binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Cabang PNM Lampung, Selasa (24/10/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kurangnya pengetahuan dan wawasan tentang manajemen keuangan dan pemasaran diduga menjadi salah satu kendala utama kurang berkembangnya sektor usaha mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Karenanya, upaya pendampingan dan pembinaan kepada nasabah dan mitra binaan harus dilakukan lewat beragam metode.

Seperti dilakukan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM. Perusahaan ini mengupayakan pendampingan ke nasabah mikro binaannya di daerah. Di Lampung misalnya, baru-baru ini perusahaan ini menggelar pelatihan ke UMKM di sana.

Pelatihan bertajuk 'Membangun UMKM Mandiri dan Berkualitas' ini ditujukan kepada mitra binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Cabang PNM Lampung, Selasa (24/10/2017).

Arief Mulyadi, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM mengatakan, secara berkelanjutan dan terencana, pihaknya memberikan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca: Gelar Rapat dengan Satpol PP, Sandiaga Uno Kaji Ulang Penataan Pasar Tanah Abang

Baca: Juarai Seri 9 WSSP300 Jerez, Dari Mana Galang Paham Banget Sirkuit Jerez? PlayStation!

"Selain mitra binaan mendapatkan ilmu baru, mereka juga berkesempatan untuk membangun jaringan usaha. Diharapkan nantinya usaha mereka dapat berkembang dan naik kelas," ujar Arief.

Di kegiatan ini, para mitra binaan PNM mendapat motivasi serta pemberian tips dan teknik untuk memngembangkan produk UMKM oleh Samsul Hadi, PLUT dari Surabaya; serta pemberian materi pembukuan sederhana oleh Guru Akuntansi dari SMK Negeri 4 Bandar Lampung Drs.H.Sujana Mei Raharja,M.Pd.

Sekitar 30 peserta yang hadir terdiri dari mitra binaan PNM dari wilayah Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pesawaran, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan & Kabupaten Lampung Utara. 

Bekerjasama dengan Direfensia Foundation, lembaga yang memiliki spesialisasi pada program wirausaha sosial kesehatan dan capacity building, PNM juga memberikan layanan pengecekan kesehatan gratis, edukasi kesehatan, serta pemberian obat-obatan dan vitamin.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved