Home »

Bisnis

»

Mikro

Perhimpunan UKM IKM Nusantara Apresiasi Dana Desa Kini Diarahkan untuk Penguatan Ekonomi Lokal

UKM IKM Nusantara mendorong penguatan ekonomi kecil di daerah melalui UKM dan IKM yang mampu merespon perubahan zaman

Perhimpunan UKM IKM Nusantara Apresiasi Dana Desa Kini Diarahkan untuk Penguatan Ekonomi Lokal
dok Tribun Jabar
BAZAR UMKM SYARIAH - Pedagang menjajakan sayap ayam bakar panggang pada Bazar UMKM Syariah Jabar 2017, di Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (14/4/2017). Pameran yang diikuti lebih dari 60 usaha kecil menengah (UKM) bidang kuliner dan fashion itu menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka yang akan berlangsung hingga 16 April 2017. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan UKM IKM Nusantara, wadah pelaku UKM IKM Indonesia menggelar rapat kerja nasional (rakernas) sekaligus pengukuhan para pengurus pusat dan daerah di Jakarta. 

Salah satu agenda yang dibahas dalam rakernas ini adalah program penguatan UKM IKM melalui dana desa.

Ketua Umum UKM IKM Nusantara, Chandra Manggih Rahayu mengatakan, rakernas memantapkan program kerja serta tim pengurus pusat dan daerah.

Dengan dua agenda ini, Perhimpunan UKM IKM Nusantara  makin bisa bekerja cepat dan siap berperan menciptakan UKM IKM mandiri, maju dan berdaya saing.

"Selain itu kita juga ingin mensukseskan program pemerintah sebagai bagian dari program Nawa Cita Jokowi, yaitu penguatan ekonomi kecil di daerah melalui UKM dan IKM yang mampu merespon perubahan zaman," kata Chandra kepada wartawan, Rabu (8/11/2017).

Baca: Kementerian Koperasi dan UKM Perkuat Satgas Pengawasan

Chandra mengatakan, salah satu program yang akan dibahas adalah penguatan dan penambahan pelaku UKM IKM di tingkat desa.

Dana desa yang digulirkan pemerintah, kalau pada tiga tahun pertama diarahkan kepada pembangunan insfrastruktur, kali ini diarahkan kepada penguatan ekonomi lokal dan peningkatan sumber daya manusia.

"Kebijakan ini sangat baik dan kita akan merespon dengan sejumlah program yang bisa mempercepat realisasi kebijakan tersebut. Momentum ini sangat baik untuk kemajuan dan penambahan jumlah UKM IKM," kata Chandra.

Rakernas kali ini, kata Chandra sangat penting karena menjadi rakernas pertama kali, sejak organisasi ini dibentuk.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help