Pemerintah Dorong Pengusaha UKM Tingkatkan Bisnis dengan Korea

Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.

Pemerintah Dorong Pengusaha UKM Tingkatkan Bisnis dengan Korea
Tribunnews.com/Amriyono
Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Agus Muharram 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pengusaha UKM Indonesia meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea.

Pasalnya pemerintah melihat Sumber Daya Alam Indonesia bisa dipadukan dengan pengusaha Korea yang dikenal unggul dalam teknolog.

"Sehingga selain bisa meningkatkan volume perdagangan antar dua negara, juga bisa terjadi transfer of knowledge, atau transfer of technology" ujar Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram , dalam acara Korea- Indonesia SMEs Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Baca: Anggaran Rp 80 Miliar Untuk Bangun Pariwisata Tanjung Lesung

Agus memaparkan, UMKM merupakan mayoritas pelaku ekonomi di Indonesia dengan jumlah lebih dari 59 juta, dimana 98 persennya merupakan pengusaha mikro dan kecil.

Yang dimaksud pengusaha mikro, adalah usaha dengan omset sampai dengan Rp 300 juta dan aset sampai dengan Rp 50 juta.

Sedang usaha kecil, dengan omset Rp 300 Ribu - Rp 2,5 Miliar dengan aset sampai dengan Rp 500 Juta.

"Tentu di Korea ada penggolongan sendiri mengenai kriteria UKM, nah disinilah kita upayakan adanya sinergi dengan UKM Korea," kata Agus.

Dalam hal ini Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan Small Medium Business Coorporation (SBC ) Korea menyelenggarakan kegiatan Korea - Indonesia SMEs Cooperation Forum.

Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama business matching, pemagangan dan transfer of technology and knowledge bagi kemakmuran UKM Indonesia dan Korea.

Baca: Kemlu Telah Terima Notifikasi Filipina Terkait Kasus Ilham Saputra dan Minhati Madrais

Sementara itu Lim Chae Un ,President SBC Korea mengatakan pemerintah Korea memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan UKM di Korea.

Karena itu Lim ingin melakukan kerjasama dengan UKM negara lain khususnya Indonesia.

"Ini terbukti dengan dinaikkannya status UMKM jadi Kementerian UKM dan Startups pada tahun ini dengan anggaran 8 juta dollar AS, dimana UKM merupakan salah satu institusi yang bertugas meningkatkan kerjasama usaha UKM," kata Lim.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Ferdinand Waskita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help