Pinjaman Asing Disiapkan untuk Bangun Ruas Tol Padang-Sicincin

"Kita melibatkan JAICA. Jika setuju mereka memberikan pinjaman untuk pembangunan sepanjang 40 km," ujar Tulus

Pinjaman Asing Disiapkan untuk Bangun Ruas Tol Padang-Sicincin
TRIBUNNEWS/ADIATMA FAJAR
Rapat Koordinasi Tol Trans Sumatera di Jakarta, Jumat (10/11/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah saat ini fokus menggarap jalan tol Trans Sumatera pada ruas ketiga yaitu Padang-Sicincin dengan panjang 196 km. Penetapan Lokasi dimulai dari Padang menuju Sicincin sepanjang 27,7 km.

Asisten Deputi Sistem Transportasi Multimoda Kementerian Perekonomian Tulus Hutagalung menjelaskan dalam pembangunannya pemerintah siap meminta Japan International Cooperation Agency (JAICA). Pada pelaksanaannya JAICA akan bangun 40 km dari ruas Padang-Sicincin.

"Kita melibatkan JAICA. Jika setuju mereka memberikan pinjaman untuk pembangunan sepanjang 40 km," ujar Tulus di rapat koordinasi Tol Trans Sumatera, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Selain JAICA, Tulus mengatakan pemerintah menunggu kepastian dan tingkat lanjut dari Asian Infrastructure Development Bank (AIDB). Hal itu untuk mengantisipasi jika

"Apabila APBD kurang kuat bisa membuat skema seperti itu," ungkap Tulus.

Baca: Hutama Karya Disindir Lamban Bebaskan Lahan Tol Palembang-Tanjung Api-api

Tulus mengingatkan bantuan bisa diberikam jika Pemprov Sumatera Barat mendapat izin dari Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

"Tapi harap dibahas dengan Kementerian BUMN dan Keuangan terlebih dahulu," kata Tulus.

Tol Padang-Sicincin ditargetkan bisa dioperasikan pada 2019. Tol tersebut menghubungkan lima ruas termasuk Sicincin-Padangpanjang, Padangpanjang-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Pekanbaru-Dumai.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help