Pelayanan Terbaik

Jangan Salah Pilih! Ini Ciri-Ciri Bank yang Memiliki Pelayanan Terbaik

Dari banyaknya jenis bank, adakah ciri-ciri khusus yang menunjukkan bahwa bank tersebut memiliki pelayanan yang terbaik?

BizzInsight
Jangan Salah Pilih! Ini Ciri-Ciri Bank yang Memiliki Pelayanan Terbaik
Istimewa
Ilustrasi bank dengan pelayanan terbaik. 

TRIBUNNEWS.COM – Di Indonesia, beragam jenis bank bisa dipilih masyarakat untuk menunjang aktivitas keuangan yang beragam, seperti menabung, investasi, atau memudahkan mereka dalam transaksi keuangan setiap harinya.

Namun, dari banyaknya jenis bank, adakah ciri-ciri khusus yang menunjukkan bahwa bank tersebut memiliki pelayanan yang terbaik?

Memilih bank dengan pelayanan terbaik sebuah keharusan, sebab bank yang dipilih merupakan keputusan dalam jangka waktu panjang yang mau tidak mau pasti akan berpengaruh bagi hidup kita.

Dihimpun oleh tim Tribunnews.com, berikut ciri-ciri bank yang harus kita perhatikan untuk menentukan bank tersebut memiliki pelayanan terbaik atau tidak.

Sarana dan Prasarana

Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan. Misalnya saja soal sarana, sebuah bank yang baik haruslah memiliki perlengkapan yang meningkatkan pelayanan kepada nasabahnya.

Contohnya kecilnya, menyadari banyaknya nasabah yang datang setiap hari, bank A memberikan tempat duduk yang banyak sehingga nasabah dapat secara nyaman menunggu transaksi mereka.

Prasarana jugalah hal yang penting. Misalnya saja, demi menjangkau seluruh nasabahnya, sebuah bank memiliki banyak cabang di berbagai daerah sehingga memudahkan nasabahnya untuk datang ke bank mereka.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia paling penting untuk diperhatikan sebab sebagai nasabah ini sangat berperan penting dalam aktivitas perbankan kita. Contohnya saja, sebuah bank yang baik, memiliki banyak teller dan customer service sehingga nasabah mereka tidak perlu lama menunggu giliran untuk dilayani.

Selain itu, sikap ramah dalam melayani nasabah dan sabar dalam menghadapi nasabah juga diperlukan karyawan bank. Lebih lanjut mengenai dua hal ini bisa dilihat pada poin selanjutnya.

Respon Terhadap Keluhan

Menjadikan pelayanan sebagai bagian penting dalam tugasnya, sebuah bank yang baik hendaknya memiliki respon yang ‘baik’ juga dalam menghadapi nasabahnya, terutama dalam menghadapi keluhan.

Umumnya mereka akan memiliki akun customer service di media sosial sebab bisa dikontak secara cepat oleh nasabah dalam waktu 24 jam penuh.

Selalu ramah, tetap mendengarkan keluhan dan memberikan saran yang tepat bagi nasabah akan permasalahan keuangan mereka bisa jadi nilai lebih dari sebuah bank di mata para nasabahnya.

Pelayanan Nasabah

Pelayanan nasabah juga sangat penting diperhatikan oleh sebuah bank. Pelayanan ini mencakup berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh nasabah. Sebuah bank yang baik juga tak segan-segan memberikan saran produk-produk perbankan yang baik bagi nasabah mereka.

Tak hanya itu, soal kinerja, seorang teller, customer service atau petugas bank lainnya haruslah bisa bekerja secara sigap, cepat, dan tepat dalam melayani para nasabahnya.

Keamanan

Keamanan haruslah jadi prioritas, sebab jika sebuah bank memiliki pelayanan yang buruk, entah dari sisi keamanan saat di bank atau sistem keamanan daring yang dimilikinya dapat merugikan nasabah dan pasti sangat tidak disarankan untuk dipilih sebagai bank yang kita gunakan setiap harinya.

Kredibilitas

Bank yang memiliki nama besar di Indonesia bisa jadi pertimbangan bagi kamu dalam memilih sebuah bank. Pilihlah bank yang sudah dikenal khalayak luas memiliki kinerja, kredibilitas, dan nama yang baik, karena ini bisa menambah kepercayaan kamu terhadap bank yang dipilih dan membukti bahwa selama ini bank tersebut memang benar-benar memiliki pelayanan yang terbaik.

Penghargaan terhadap Nasabah

Sebagai penyedia layanan/jasa, hubungan antara bank dan nasabah idealnya terjalin dengan saling menghargai. Caranya dengan menyediakan loyalty program. Seperti yang dilakukan oleh Danamon yang memberikan penghargaan kepada nasabahnya melalui program D-Point, Danamon Reward Point.

D-Point adalah program yang memberikan poin reward kepada nasabah atas aktivitas perbankan yang mereka lakukan.

Uniknya, D-Point adalah sistem reward point terintergrasi dari berbagai transaksi di Danamon yang menghargai segala aktivitas kamu. Tidak hanya bisa kamu kumpulkan dari transaksi kartu debit/kredit saja, tapi D-Point juga bisa dikumpulkan dari pencairan kredit (KPR/KTA/Kredit Solusi UKM) atau kepemilikan produk asuransi atau investasi dan layanan lainnya. Kemudian D-Point yang sudah terkumpul ini bisa ditukarkan dengan beragam hadiah.

Serunya lagi, saat ini sedang berlangsung promo penukaran poin “Debar D-Point Kejutan Rabu Seru”.

Melalui program Debar D-Point Kejutan Rabu Seru yang berjalan sejak 23 Agustus sampai 5 Desember 2017 ini, nasabah Danamon bisa mendapatkan iPhone 7 dengan mekanisme lelang yang bisa nasabah ikuti dengan mengajukan penawaran D-Point di sini untuk memenangkan hadiah istimewa ini.

Nasabah pun bisa mengetahui informasi terperinci mengenai program-program ini di situs Danamon atau microsite D-Point.

Dengan beragam penjabaran di atas, diharapkan kita sebagai seorang nasabah dapat secara teliti dan cermat sebelum memilih bank yang dapat membantu dan mempermudah aktivitas keuangan kita. Selamat memilih bank dengan pelayanan terbaik!

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help