Home »

Bisnis

»

Mikro

Industri Kecil Menengah Didorong Aktif Pemasaran Produknya Secara Online

Ditjen IKM memiliki program e-Smart IKM yang akan didorong menjadi “Virtual Sentra IKM

Industri Kecil Menengah Didorong Aktif Pemasaran Produknya Secara Online
istimewa
Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih (tengah) bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta Eddy Kuntadi (kiri) dan Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian sekaligus Ketua Pelaksana Pameran IKM Rainer P. Tobing (kanan) sedang meninjau gerai peserta Jakarta IKM Expo 2017 di Plasa Kementerian Perindustrian yang berlangsung Selasa (5/12/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan produk-produk IKM saat ini didorong untuk aktif melakukan pemasaran secara online.

Produk-produk IKM juga perlu dipasarkan secara offline, salah satu caranya melalui pameran.

“Dengan membuka pasar offline, masyarakat dapat melihat lebih jelas produk-produk yang diperjualbelikan oleh IKM,” kata Gati saat  Jakarta IKM Expo 2017 di Plasa Kementerian Perindustrian, Selasa (5/12/2017).

Selain itu,  masyarakat juga lebih mengetahui tentang kualitas dan dapat membandingkannya antara produk yang satu dan produk serupa lainnya.

Dalam rangka menyediakan infrastruktur penunjang perluasan pasar, Ditjen IKM memiliki program e-Smart IKM yang akan didorong menjadi “Virtual Sentra IKM”.

"Program e-commerce ini diharapkan akan menjadikan IKM semakin kuat karena di dalamnya terdapat sistem yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ketika kinerjanya tidak baik dalam pasar online tersebut,"  katanya.

Ide dasar e-Smart IKM berasal dari keprihatinan akan maraknya produk-produk impor yang beredar melalui pasar online.

Baca: Pemagang Indonesia di Jepang Teleconference dengan Pengusaha Kecil Binaan Bank Mandiri

Dalam melaksanakan program e-smart IKM ini, Ditjen IKM bekerja sama dengan marketplace yang ada. Pada saat ini Ditjen IKM bekerja sama dengan bukalapak.com dan belanja.com.

“Kedepan, kerja sama ini akan diperluas dengan melibatkan marketplace lain,” ujar Gati. Diharapkan melalui e-Smart IKM ini, produk IKM dalam negeri dapat memperluas pasarnya serta dikenal oleh masyarakat nasional maupun internasional.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help