Holding BUMN Industri Pertambangan Harus Kuasai Peta Sumber Daya Mineral

Informasi yang lengkap tentang potensi sumber daya mineral (SDM) di Indonesia akan menghindarkan holding dari salah pengelolaan.

Holding BUMN Industri Pertambangan Harus Kuasai Peta Sumber Daya Mineral
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Didik J. Rachbini 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pengamat Ekonomi Didik J Rachbini mendorong agar holding BUMN Industri Pertambangan segera menjalankan strategi jangka pendek yaitu penguasaan informasi dan pengelolaan tambang.

Menurut ekonom senior tersebut, informasi yang lengkap tentang potensi sumber daya mineral (SDM) di Indonesia akan menghindarkan holding dari salah pengelolaan.

Penguasaan informasi menjadi hal sangat penting karena menjadi penuntun yang dapat menghindarkan dari kerugian.

Jika tidak punya informasi lengkap, tentang potensi sumber daya mineral, minyak, dan tambang di Indonesia, mereka bisa jatuh dalam jebakan asymetric information.

"Kalah terus, dibodohi, rugi, dan seterusnya. Itu dulu ya paling penting,” jelas mantan anggota parlemen Komisi VI periode 2004-2009 itu, saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, penguasaan informasi harus segera menjadi agenda utama supaya kasus Freeport di masa lalu tidak terulang lagi.

Baca: Kritisi Holding BUMN Pertambangan, Ini Pendapat Fraksi PKS

“Supaya tidak seperti kasus Freeport di masa lalu, orang lain, orang luar lebih tahu potensi kita. Jadi harus lakukan penguasaan dan pengelolaan, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sekaligus mengetahui peta potensi sumber daya mineral dan tambang di Indonesia,” lanjutnya.

Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa misi utama pembentukan holding BUMN Industri Pertambangan adalah mengembalikan PT Freeport Indonesia (PTFI) ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Misi khususnya adalah divestasi 51% saham Freeport. Karena ini sudah saatnya setelah 50 tahun (dikuasai asing),” tegas Budi.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help