Bogasari Berikan Penghargaan Bogasari SME Award 2017

Potensi anak muda untuk menjadi pengusaha di sektor makanan berbasis terigu juga sudah tampak dalam daftar UKM Mitra Bogasari

Bogasari Berikan Penghargaan Bogasari SME Award 2017
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari kembali memberikan penghargaan kepada para UKM yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan bakunya, khususnya bagi UKM mitra Bogasari yang tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC).

"Ini merupakan apresiasi Bogasari kepada para UKM yang terus berkomitmen dan tumbuh bersama Bogasari. Tidak sedikit dari mereka yang sudah ada puluhan tahun bahkan sejak Bogasari berdiri 46 tahun yang lalu. Karenanya sebagaian UKM mitra binaan Bogasari sudah memasuki generasi ke2 bahkan ada yang sudah generasi.ke 3," ucap Franciscus Welirang Direktur PT Indofood yang juga Kepala Divisi Bogasari dalam siaran persnya, Selasa (12/2017).

Acara yang bertajuk Small Medium Enterprise (SME) Award 2017 diadakan di sela-sela penyelenggaraan Bogasari EXPO 2017 di Atrium Jogja City Mall belum lama ini.

Lebih jauh Direktur Indofood yang akrab disapa Franky Welirang ini menjelaskan, potensi anak muda untuk menjadi pengusaha di sektor makanan berbasis terigu juga sudah tampak dalam daftar UKM Mitra Bogasari yang tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC).

Secara nasional, hampir 3 ribu UKM mitra Bogasari yang menjadi anggota BMC berusia di bawah 35 tahun. Mulai dari UKM bakeri, mie, pastry, pancake, cake, dan jajanan pasar. Dan kalau dilihat dari kategori usia 35-45 tahun hampir mencapai 9 ribu orang.

"Keberadaan anak muda yang berusia 35 tahun ke bawah, juga tampak di wilayah Provinsi DIY. Dari sekitar 1700 UKM Mitra Bogasari di DIY, hampir 20 % adalah mereka yang berusia 35 tahun ke bawah. Untuk kelompok usia 35-45 tahun kurang lebih 45 %. Selain fakta ini, Bogasari juga melihat besarnya kecenderungan generasi millenials untuk berprofesi sebagai entrepreneur," ujar Franky.

Penghargaan ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Silver, Gold, dan Platinum sesuai dengan keanggotaan BMC. Jenis keanggotaan ini dibedakan berdasarkan konsumsi pemakaian terigu Bogasari per bulan.

Keanggotaan Platinum untuk konsumsi lebih dari 750 sak/bulan ( 1 sak = 25 kg); Gold untuk konsumsi antara 250 - 749 sak/bulan; dan Silver untuk konsumsi kurang dari 250 sak per bulan.

Seleksi awal atau seleksi administratif dilakukan oleh internal Bogasari. Selanjutnya seleksi sebagai nominator yang dilakukan oleh lembaga tepercaya seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Bank BTPN, dan Prasetiya Mulia Business School. Dari hasil penilaian juri diperoleh 5 nominator untuk setiap kategori.

Ke-15 nominator SME Award 2017 ini tersebar dari beberapa kota di seluruh Indonesia, mulai dari Medan, Payakumbuh, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Pasuruan, Lumajang, Surakarta, Jogjakarta, Kediri, Jombang, sampai ke Jember. Beragam daerah yang menjadi nominator SME Award 2017 menunjukkan bahwa UKM-UKM yang berada di daerah mulai unjuk gigi dan menunjukkan perkembangan bisnis di tiap daerah.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved