Januari 2018, Pemerintah Salurkan Dana Desa Rp 12 Triliun

‎Pemerintah mempercepat penyaluran dana desa pada tahun ini yang dianggarkan sebesar Rp 60 triliun, dengan menyalurkan 20 persennya atau sekitar Rp 12

Januari 2018, Pemerintah Salurkan Dana Desa Rp 12 Triliun
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Pemerintah mempercepat penyaluran dana desa pada tahun ini yang dianggarkan sebesar Rp 60 triliun, dengan menyalurkan 20 persennya atau sekitar Rp 12 triliun pada Januari 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, sebelumnya penyaluran dana desa melalui mekanisme 60 persen langsung dibayar melalui APBD pada April, tetapi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Baca: Hasil Kajian Pemindahan Ibu Kota Sudah Diserahkan Ke Jokowi

"Presiden minta supaya cash for work (pencairan secara tunai untuk program padat karya)‎, sekarang kita bagi Januari yang 20 persen dan yang 40 persen tetap April," ujar Sri Mulyani di komplek Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Menurut Sri Mulyani, dengan percepatan penyaluran dana desa di Januari 2018, maka hal ini menutup alasan bagi daerah yang biasanya tidak memiliki aktivitas bersifat padat karya di awal tahun karena anggarannya belum turun.

"Tidak ada alasan lagi, Januari tidak ada aktivitas karena tidak ada uang," ucap mantan Direktur Bank Dunia tersebut.

Dengan dipercepatnya penyaluran dana desa, Sri Mulyani berharap pemerintah daerah bersama DPRD dapat segera mengesahkan APBD dengan tepat waktu, karena pencairan dana desa melalui APBD.

‎"Harusnya Desember 2017 (APBD) sudah sah," ujarnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help