Tahun Ini, Miniso Bakal Tambah 110 Gerai Baru

PT Miniso Lifestyle Trading Indonesia siap-siap untuk tancap gas mengembangkan gerai Miniso pada awal tahun ini

Tahun Ini, Miniso Bakal Tambah 110 Gerai Baru
KONTAN/Daniel Prabowo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Miniso Lifestyle Trading Indonesia siap-siap untuk tancap gas mengembangkan gerai Miniso pada awal tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan ritel ini sudah memasang target bisa membangun 100 hingga 110 gerai baru sepanjang tahun 2018 ini.

Vania Damayanti, Brand Manager Miniso mengatakan, kini terdapat 88 gerai Miniso di seluruh Indonesia. "Tahun ini ditargetkan tambah 100 gerai lagi," kata Vania kepada Kontan.co.id, Selasa (2/1).

Pengembangan gerai anyar perusahaan ritel yang bermarkas di Tokyo, Jepang itu tidak hanya akan terpusat di Jawa, tapi juga luar Jawa. Proporsinya sampai 50% di luar Jawa. "Bulan ini kami akan buka di Bekasi, Manado, Jakarta, Bandung, Jambi, Bali, Makassar, Yogyakarta, Lombok, dan Tangerang," paparnya.

Baca: Suami Ditemukan Tewas Gantung Diri Saat Istrinya Bawa Air Dari Orang Pintar

Perusahaan ritel ini menjual produk-produk sehari-hari, mulai dari aksesori fashion, alat kebutuhan rumah tangga, hingga produk elektronik. Memang, pada tahun 2018 ini menjadi tahun ekspansif bagi Miniso.

Realisasi penambahan gerai tersebut akan dilaksanakan secepat mungkin agar target ekspansi tercapai. "Hampir setiap pekan ada pembukaan gerai baru," klaim Vania.

Kendati tidak merinci total investasi untuk pembangunan antara 100 gerai-110 gerai tersebut Vania berujar, tidak seluruh investasi berasal dari perusahaan ini. Pasalnya, mulai tahun ini Miniso membuka skema waralaba atau franchise. "Yang investasi sendiri ada lebih dari 50 gerai. Sementara franchise lebih dari 60 gerai," ungkapnya.

Asal tahu saja, setiap gerai Miniso memiliki luas minimal 200 meter persegi (m²) dengan rerata produk yang dijual sebanyak 2.000 produk sampai 3.000 produk.
Miniso harus merogoh kocek sekitar Rp 1 miliar untuk menghadirkan satu gerai.

Besaran investasi setiap gerai beragam, tergantung luas dan lokasi gerai. Dalam perluasan jaringan penjualan, perusahaan ini menyasar mal-mal yang besar di berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya gerai fisik, ekspansi gerai di dunia maya juga masuk agenda kerja Miniso.

Alih-alih membuka lapak online sendiri, mereka memilih menjalin kerjasama dengan pelaku e-commerce dan marketplace. Sejak Oktober 2017, mereka membuka gerai
online resmi di Lazada, JD.ID, Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com.

Berdasarkan catatan KONTAN, Miniso Lifestyle juga akan membangun beberapa gudang dan pusat distribusi di Jakarta dan Jawa Timur. Gudang dan pusat distribusi ini untuk mendukung ekspansi gerai yang terbilang masif pada tahun 2018.

Ke depan, Miniso merencanakan pengembangan gudang untuk mendukung ekspansi ke wilayah timur Indonesia. Terutama ke wilayah Makassar, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.

Saat ini, Miniso hanya memiliki satu gudang di Karawang, Jawa Barat. Lalu, satu pusat distribusi di Jakarta sedang dalam tahap pembangunan.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Miniso akan ekspansi menambah 110 gerai baru

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help