Menteri Susi: Peningkatan Produksi Perikanan Dapat Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Negeri

Meningkatnya produksi perikanan juga dapat meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri sebagai indikator kinerja dan bagian penting untuk ketahanan pangan

Menteri Susi: Peningkatan Produksi Perikanan Dapat Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Negeri
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Pedagang di Pusat Pelelangan Ikan Paotere menggelar berbagai jenis ikan laut segar yang di jual di tempat tersebut, Makassar, Sulsel, Jumat (11/1/2013). Harga ikan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat akibat buruknya kondisi cuaca serta gelombang laut yang tinggi menyebabkan hasil tangkapan para nelayan berkurang. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (52) menginginkan, meningkatnya produksi perikanan juga dapat meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri sebagai indikator kinerja dan bagian penting untuk ketahanan pangan, terutama sebagai sumber protein.

"Konsumsi dalam negeri meningkat tanpa ada peningkatan signifikan volume impor. Tren volume impor ikan Indonesia dari Januari – November 2012-2017 meningkat sebesar 1,61 persen," ungkap Menteri Susi kepada Tribunnews.com, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu, konsumsi ikan per tahun dari tahun 2012 meningkat dari 33,89 kg per kapita per tahun menjadi 43,94 kg per kapita per tahun 2016 atau naik 29,65 persen.

"Bila dikalikan dengan jumlah penduduk Indonesia 259,37 juta orang, dengan asumsi harga rata-rata ikan 1 dolar AS per kg, nilai yang diciptakan dari pasar ikan dalam negeri adalah 9,37 miliar dolar As," tandas Menteri Susi.

Baca: Revitalisasi Sungai Citarum, Industri Dekat Sungai Bakal Dipindahkan

Pertumbuhan nilai ekspor produk kelautan dan perikanan menjadi salah satu perhatian utama pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Berdasarkan data BPS yang diolah Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP), pada periode Januari – November 2016-2017, nilai ekspor produk perikanan naik 8,12 persen dari 3,78 miliar dolar AS pada 2016 menjadi 4,09 miliar dolar AS pada 2017.

Menteri Susi mengungkapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, KKP akan terus mengupayakan peningkatan produksi dan ekspor produk perikanan Indonesia.

"Untuk mewujudkannya, penegakan hukum dalam melawan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing harus tetap digalakkan," kata Menteri Susi.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help