Pertumbuhan Ekonomi Bisa Tercapai 8 Persen Lewat Sektor Industri

Rachmat menyebut ada berbagai macam tantangan dan hambatan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi 7-8 persen.

Pertumbuhan Ekonomi Bisa Tercapai 8 Persen Lewat Sektor Industri
Adiatmaputra Fajar Pratama/Tribunnews.com
Rachmat Gobel 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Investasi RI Untuk Jepang Rachmat Gobel optimis pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7-8 persen setiap tahunnya. Alasannya Rachmat melihat potensi tersebut bisa didorong melalui penguatan sektor industri.

"Menurut saya bisa-bisa saja 7-8 persen," ujar Rachmat di diskusi 'Membangun Strategi Kebijakan Untuk Memperkuat Struktur Perekonomian Menuju Pertumbuhan 7%-8% per tahun', Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Rachmat menyebut ada berbagai macam tantangan dan hambatan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi 7-8 persen. Tapi, kata Rachmat peluang di dalam negeri juga cukup besar seperti sumber daya alam dan jumlah penduduk.

"Tinggal kita mau tidak memanfaatkannya. Kekayaan SDA dan jumlah penduduk atau pasar yang besar merupakan dua hal yang menjadi kekuatan Indonesia," ujar mantan Menteri Perdagangan tersebut.

Berdasarkan pengalamannya sebagai menteri perdagangan, Rachmat melihat masih banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian nasional. Kebijakan pemerintah kata Rachmat untuk memacu pembangunan infrastruktur mulai dari pelabuhan, bandara, listrik, pariwisata hingga jalan tol, bisa meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia.

"Diskusi kita hari ini adalah bagian dari upaya kita untuk sama-sama memikirkan bagaimana strategi memanfaatkan pembangunan infrastruktur untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi," katanya.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help