Home »

Bisnis

»

Mikro

Moeldoko bilang Di Indonesia dan ASEAN UMKM Menjadi Tulang Punggung Perekonomian

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko tidak hanya konsens pada pertanian, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah

Moeldoko bilang Di Indonesia dan ASEAN UMKM Menjadi Tulang Punggung Perekonomian
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Moeldoko 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko tidak hanya konsens pada pertanian, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga menjadi perhatiannya. Kenapa? Menurutnya UMKM memilik peranan penting dalam perekonomian nasional.

Moeldoko memaparkan, dalam dua tahun ini, jumlah UMKM terus meningkat. Pada 2016 lalu, jumlah UMKM sekitar 57,9 juta. Pada 2017, pelaku UMKM mencapai 59 juta.

"Di Indonesia dan ASEAN, UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian. Sekitar 88,8-99,9 persen usaha di ASEAN adalah UMKM. Sektor itu mampu menyerap tenaga kerja di kisaran 51,7-97,2 persen," ungkap Moeldoko, Selasa (16/1/2018).

Khusus di Indonesia, lanjut Moeldoko, UMKM memiliki proporsi sebesar 99,99 persen dari total keseluruhan pelaku dunia usaha. Namun, pelaku UMKM sering menghadapi kendala. Baik dari internal maupun eksternal.

Ketua Umun Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini membeberkan, ada sejumlah ketakutan yang sering dihadapi pelaku UMKM. Di antaranya adalah ketakutan berada di zona tidak nyaman, takut terlihat berbeda, takut terhadap reaksi yang tak diinginkan, takut melangkah untuk berubah, dan takut berkonfrontasi dengan orang lain.

"Selain itu, pelaku UMKM juga takut dihakimi, takut menghadapi perubahan situasi, takut saat organisasi menghadapi masalah, dan takut menghadapi kegagalan," tutur Moeldoko.

Atas kondisi itu, pria kelahiran Kediri, Jawa Timur inj merasa terpanggil menularkan semangat leadership dan keberanian terhadap para pelaku UMKM.

“Semua orang pasti memiliki rasa takut. Namun, pemenang tidak akan lahir jika terus-terusan dibayangi ketakutan. Pemenang akan lahir jika mampu mengalahkan rasa takut,” katanya.

Menyadari bahwa UMKM memiliki peranan sangat penting bagi perekonomian, Moeldoko tak henti-hentinya menyemangati para pelaku UMKM. “UMKM memberikan multiefek yang besar. UMKM bisa menggerakkan ketahanan keluarga dan wilayah. Sebab, pelaku UMKM menggaji karyawan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” imbuh Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, UMKM juga memberikan sumbangsih yang tak sedikit kepada negara. Salah satunya dari pajak. Dari pajak UMKM, negara bisa membuat banyak program. Misalnya, pendidikan dan kesehatan gratis.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help