Pajak Sedan Mau Diturunkan, Ini Kata Toyota

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan revisi pajak sedan rampung pada kuartal pertama 2018.

Pajak Sedan Mau Diturunkan, Ini Kata Toyota
ISTIMEWA
Toyota Yaris 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan revisi pajak sedan rampung pada kuartal pertama 2018. Jika tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah ( PPnBM) diturunkan dan setara dengan mobil model lain, maka harga jualnya bisa lebih terjangkau.

Pajak sedan untuk sekarang ini dinilai sangat tinggi, yakni untuk sedan mini (1.500 cc ke bawah) dikenakan 30 persen dan sedan kecil (di atas 1.500 cc) 40 persen.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Fransiscus Soerjopranoto, ketika dimintai pendapat soal itu mengatakan bahwa penurunan pajak sedan akan memberikan dampak positif bagi industri otomotif nasional.

"Harganya menjadi turun, ada kemungkinan pasar sedan menjadi bergairah," ucap pria yang akrab disapa Soerjo kepada KOMPAS.com, Rabu (14/2/2018) malam.

Bukan hanya domestik saja, Soerjo juga memprediksi akan mendorong produsen termasuk Toyota untuk melakukan ekspor sedan ke beberapa negara.

Seperti yang diungkapkan Airlangga, menurut dia potensi ekspor sedan akan menjadi terbuka, terutama ke Australia, karena pabrik di negara itu banyak yang tutup.

Sebagai informasi, bahwa sedan yang sekarang ini dijual TAM di Indonesia, yaitu Vios, Corolla Altis, Camry, hingga FT 86 yang merupakan sedan sport.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: Kata Toyota Soal Pajak Sedan Mau Diturunkan

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help