Perbedaan Jangkauan SPBU Indonesia dan AS

Saat ini satu SPBU diperkirakan melayani 35 ribu masyarakat dengan wilayah jangkauan hingga 350 kilometer persegi.

Perbedaan Jangkauan SPBU Indonesia dan AS
Tribunnews/JEPRIMA
Awak Mobil Tangki (AMT) bersiap melakukan pengisian bahan bakar minyak ke dalam mobil tangki Pertamina di Terminal BBM Jakarta Group Plumpang, Jakarta Utara, Senin (27/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan baru saja mengeluarkan Permen 13 tahun 2018 yang merupakan penyederhanaan aturan pengadaan penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia.

Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sektor BBM, Ibnu Fajar mengatakan dengan penyederhanaan tersebut targetnya semakin banyak investor yang akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Jadi nanti penyalur baru itu tidak perlu lagi minta izin ke Kementerian ESDM atau BPH Migas, cukup melaporkan saja keberadaannya, tinggal dibuat perjanjian usaha," ujar Ibnu Fajar saat ditemui di Kantor BPH Migas, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018).

Saat ini satu SPBU diperkirakan melayani 35 ribu masyarakat dengan wilayah jangkauan hingga 350 kilometer persegi.

Baca: Dugaan Bersekongkol di Kasus Setnov, Dokter Bimanesh Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor

Baca: Penangguhan Penetapan Tersangka Sebelum Pilkada, JImly: Gara-gara Kasus Ahok, Semua Kacau

"Kenapa perlu disederhanakan perizinan, karena rasio SPBU terhadap populasi sangat tinggi. Satu SPBU melayani 35.000 orang. Dengan luas wilayah daratan 1,9 juta km persegi, kira-kira satu SPBU mengcover 300 km," tutur Ibnu Fajar.

Pelayanan tersebut jauh berbeda dengan Amerika Serikat yang tiap SPBU melayani 5 ribu orang, dengan jarak antar SPBU hanya 75 kilometer.

"Dibanding dengan AS, itu perbandingannya untuk SPBU itu 1:5000. Jadi kita masih satu per tujuhnya. Kalau luas wilayah itu 1:75 km. Sehingga mobil tidak kehabisan bensin di jalan," papar Ibnu Fajar.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved