Semua Ruas Tol di Lintasan Pantura Jakarta - Surabaya Bisa Dilintasi Saat Mudik 2018

“Ya kita harapkan begitu, akhir 2018 sudah semua sampai Surabaya operasional, tapi untuk mudik, itu fungsional sampai Surabaya," kata Basuki

Semua Ruas Tol di Lintasan Pantura Jakarta - Surabaya Bisa Dilintasi Saat Mudik 2018
TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Pembangunan Jembatan Kali Kuto di ruas tol Batang - Semarang 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik 

TRIBUNNEWS.COM, BATANG — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ruas tol dari Jakarta hingga Surabaya bisa dilintasi saat mudik Lebaran tahun ini.

Saat meninjau langsung beberapa pekerjaan tol di Jawa Tengah dalam dua hari ini, Basuki mengatakan, beberapa ruas tol yang dikunjungi Menpupera tersebut antara lain, Tol Semarang-Solo, ruas Salatiga hingga Solo, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

“Ya kita harapkan begitu, akhir 2018 sudah semua sampai Surabaya operasional, tapi untuk mudik, itu fungsional sampai Surabaya," kata Basuki saat ditemui di Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah, Rabu (7/3/2018). 

Basuki menjelaskan, ada beberapa titik kritis yang perlu mendapat perhatian. Salah satunya pembangunan Jembatan Kenteng di Salatiga untuk ruas tol Semarang-Solo. 

“Untuk Surabaya kita ada satu titik kritis lagi di antara Salatiga - Surakarta, itu di Jembatan Kenteng, itu juga kita upayakan untuk bisa dilewati,” jelas dia. 

Untuk ruas tol Batang-Semarang, pekerjaan kontruksinya saat ini sudah sekitar 69 persen.

Basuki menyebut sebagian ruas tol tersebut sudah dibeton sehingga bisa difungsikan untuk keperluan mudik.

Baca: Suzuki Melenggang di Bisnis Mesin Tempel

Baca: Tuduhan Pelanggaran Hak Paten, BlackBerry Gugat Facebook

Namun demikian, pada ruas tol Batang-Semarang yang perlu mendapat perhatian kata dia ialah pembangunan Jembatan Kali Kuto di Batang.

“Kalau ini bisa kita manfaatkan sampai Semarang berarti keluarnya di Krapyak. Kalau tahun lalu di Grinsing, di tahun ini bisa langsung ke Krapkyak kalau Kali Kuto bisa kita selesaikan,” tegasnya. 

Ruas tol Semarang-Solo memiliki panjang 72,64 km dengan 5 seksi. Seksi I sampai III telah beroperasi.

Sedangkan ruas tol Pemalang-Batang panjangnya 39,20 km dengan 2 seksi. Sementara itu ruas tol Batang-Semarang panjang 75 km memiliki 5 seksi.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help