5 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk Smartphone Anak

Berawal dari game, dipinjami smartphone orang tua, lalu anak-anak jadi keranjingan main smartphone.

5 Aplikasi Parental Control Terbaik untuk Smartphone Anak

Berawal dari game, dipinjami smartphone orang tua, lalu anak-anak jadi keranjingan main smartphone. Bahkan, meski belum masuk usia cukup untuk pegang smartphone, tak jarang anak-anak di masa sekarang sudah merengek minta dibelikan smartphone-nya sendiri.

Memang, memberikan smartphone pada anak salah satu manfaatnya adalah memudahkan komunikasi, misalnya saat antar jemput sekolah. Namun, efek negatifnya juga tidak bisa diremehkan, terutama yang terkait dengan akses dunia maya.

Nah, selain mendampingi anak saat menggunakan smartphone, solusi lain untuk mencegah efek negatif dari smartphone pada anak bisa juga dengan cara memasang aplikasi pemantau dan pengontrol smartphone anak.

Bagi Anda yang punya rencana kredit hp tanpa kartu kredit smartphone untuk anak Anda, sebelum diberikan pada anak, Anda bisa install salah satu dari aplikasi berikut terlebih dahulu.

Kids Mode

Untuk keamanan anak, Kids Mode menawarkan fitur lock yang berfungsi untuk mengunci dan mensortir beberapa aplikasi yang tidak diperuntukan bagi anak-anak. Orang tua bebas memilih dan menentukan aplikasi yang boleh dan tidak boleh diakses atau diunduh anak. Fitur ini juga diamankan dengan sistem PIN.  Sebagai gantinya, Kids Mode punya Kids Store yang berisi aplikasi edukasi, permainan, film, dan buku untuk anak-anak.

Begitu juga dengan storage, histori telepon dan SMS, kamera, daftar kontak, dan mikrofon yang ada pada smartphone anak bisa dihubungkan ke aplikasi Kids Mode. Jadi, orang tua bisa mengontrol dan tahu aktivitas apa saja yang dilakukan anak pada smartphone-nya.

Aplikasi besutan Samsung Electronics ini memiliki rating sekitar 3,8/5 di Google Play Store. Samsung memang menjadi salah satu vendor smartphone yang serius mengembangkan aplikasi pemantau gadget anak. Namun, tidak semua hp Samsung compatible dengan Kids Mode.

Apabila Anda berencana kredit hp tanpa kartu kredit hp Samsung, pastikan bahwa hp tersebut punya OS Android yang update, serta ROM dan RAM yang cukup untuk menjalankan Kids Mode. Beberapa hp Samsung Galaxy J punya harga yang murah sekitar Rp 2 jutaan dengan spesifikasi yang terbilang cukup untuk anak.

Kalau mau cari yang lebih murah lagi, Anda bisa membandingkan harga dan spesifikasi dengan mudah di merchant-merchant online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Shopee, atau Bhinneka.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved