Pabrik Ban Hankook di Cikarang Jadi Tulang Punggung Pasar Ekspor ke Eropa dan AS

Pasokan karet alam dari Indonesia juga dikirim ke pabrik ban Hankook lainnya di luar negeri, termasuk pabrik yang beroperasi di Hungaria.

Pabrik Ban Hankook di Cikarang Jadi Tulang Punggung Pasar Ekspor ke Eropa dan AS
IST
Aktivitas produksi ban Hankook di bagian quality control di pabrik PT Hankook Tire Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/7/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak pabrik diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan resmi beroperasi pada 2013, pabrik ban PT Hankook Tire Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, menjadi salah satu tulang punggung ekspor ban Indonesia ke pasar Eropa dan Amerika.

Pabrik ban yang berdiri di atas lahan 60 ha dengan didukung 1.852 karyawan ini mampu memproduksi 32.000 ban per hari atau 12 juta ban per tahun. Sebanyak 92 persen ban yang diproduksi di sini dipasok untuk pasar ekspor.

Ban yang diproduksi di pabrik ini terdiri dari empat merk. Yakni Ventus, Kinergy, Dynapro dan Vantra. 
Kinergy ban untuk mobil penumpang jenis MPV seperti Sienta, sementara Dynapro untuk mobil-mobil berjenis SUV, sementara Vantra untuk van, pick up dan light truck. 

Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia, Hyon Young Seop mengatakan, sekitar 8 persen lainnya dipasok untuk kebutuhan ban di pasar dalam negeri.

Park Byoung Jun, General Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia, Rabu (11/7/2018) mengatakan, di seluruh dunia, Hankook mengoperasikan 8 pabrik dan pabrik di Cikarang, Bekasi, ini merupakan pabrik ketujuh yang dibangun Hankook untuk pasar global.

Rinciannya, dua pabrik dioperasikan di Korea Selatan, 3 pabrik di China dan masing-masing 1 pabrik di Indonesia, Hungaria dan Amerika Serikat.

Pabrik ini mengadopsi konsep ramah lingkungan. Untuk menjalankan mesin-mesin pabrik, digunakan energi listrik yang bersumber dari tenaga gas yang dipasok oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui jaringan pipa bawah tanah.

Kebutuhan karet alam sebagai salah satu bahan baku penting produksi ban di pabrik Hankook di Cikarang ini, terutama untuk ban-ban kendaraan niaga, dipasok dari berbagai kebun karet di Pulau Sumatera dan Kalimantan. 

Baca: Varian Terbaru Mitsubishi Xpander Siap Meluncur di GIIAS 2018

Sebagian kebutuhan karet lainnya dipasok dari Thailand.

Pasokan karet alam dari Indonesia juga dikirim ke pabrik ban Hankook lainnya di luar negeri, termasuk pabrik yang beroperasi di Hungaria.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help