Alasan Rini Lakukan Pergantian Direksi Pertamina Hingga Garuda Indonesia

"Ya biasa putaran. Tempat-tempat yang kita lihat oh lebih dibutuhkan di daerah ini adalah untuk expert ini. Jadi ada dasar-dasar itu," kata Rini

Alasan Rini Lakukan Pergantian Direksi Pertamina Hingga Garuda Indonesia
TRIBUNNEWS/APFIA
Menteri BUMN Rini Soemarno 

Laporan Wartawan Tribunnew.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan pergantian di sejumlah BUMN mulai dari direksi, direktur utama hingga komisaris utama.

Rini pun menyebutkan, perubahan direksi adalah hal yang biasa dan dilakukan di badan usaha yang dinilai dibutuhkan adannya perubahan pemimpin

"Ya biasa putaran. Tempat-tempat yang kita lihat oh lebih dibutuhkan di daerah ini adalah untuk expert ini. Jadi ada dasar-dasar itu," kata Rini saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2019).

Kemudian pergantian dilihat berdasarkan kinerja tahunan badan usaha yang disebutkan Rini tujuannya untuk meningkatkan kinerja BUMN dan perbaikan kinerja komisaris dan direksi.

Baca: SBY Jadi Juru Kampanye Prabowo, AHY Jadi Dewan Pembina Timses

"Itu namanya tidak terlepas dari operasional yang kita lihat selama satu tahun. Jadi itu semua kita analisa secara total. Tujuannya untuk tingkatkan kinerja bumn, kerja lebih erat antara dekom dan direksi," tutur Rini.

Adapun beberapa BUMN yang mengalami pergantian direksi adalah PT Pertamina (Persero) pada 29 Agustus 2018 lalu yang sebelumnya di jabat Elia Massa Manik kemudian digantikan oleh Nicke Widyawati setelah empat bulan kosong.

Baca: Vivo V11 Pro Resmi Diluncurkan, Ini Empat Keunggulan Utamanya

Kemudian, Sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Refly Harun dicopot dari Komisaris Utama PT Jasa Marga per 5 September 2018 lalu yang digeser jadi Komisaris Utama Pelindo I.

Lalu, Rini juga mengubah struktur direksi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) pada Senin (10/9/2018), mencopot dirut sebelumnya Jobi Triananda Hasjim yang digantikan oleh Gigih Prakoso.

Terakhir, Rabu (12/9/2018) Rini Soemarno mencopot Dirut Garuda Pahala N Mansury yang diganti menjadi I Gusti Ngurah Akhsara Danadiputera yang merupakan Dirut Pelindo III.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved