Melihat Praktik Sawit Lestari Sinar Mas Agribusiness and Food

Perusahaan juga melakukan pembinaan terhadap petani plasma yang telah merasakan peningkatan kesejahteraan dari kerjasama dengan perusahaan.

Melihat Praktik Sawit Lestari Sinar Mas Agribusiness and Food
KONTAN
Ilustrasi Kebun Sawit 

TRIBUNNEWS.COM - Sinar Mas Agribusiness and Food perusahaan agro bisnis global dengan bisnis kelapa sawit terintegrasi dari hulu hingga hilir bersama Gabungan Pengusahaan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mempunyai komitmen yang sama untuk senantiasa membangun lndustri Sawit yang Berkelanjutan.

Baca: Bobotoh Prediksi Dua Penyerang Asing Persib Cetak Gol ke Gawang Borneo FC

“Kami berkomitmen agar perusahaan menerapkan praktek-praktek pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab sesuai dengan kebijakan perusahaan yang tertuang dalam Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG),” ungkap The Biao Ling, Managing Director Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Sumatera di Belitung dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Baca: Di Balik Pesta Ultah Verrell Bramasta, Ada Sosok Aliando hingga Keromantisan Bareng Wilona di Kolam

Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Sumatera di Belitung telah melakukan praktek industri kelapa sawit yang berkelanjutan melalui penggunaan limbah seperti janjang kosong, limbah cair untuk land application, serta upaya pengelolaan hama secara natural yang dilakukan dengan bantuan dari burung hantu.

Perusahaan juga melakukan pembinaan terhadap petani plasma yang telah merasakan peningkatan kesejahteraan dari kerjasama dengan perusahaan.

Salah satu inisiatif penting Sinar Mas Agribusiness and Food dalam hal mendorong transformasi industri sawit lestari adalah melalui upaya Kemamputelusuran hingga ke Perkebunan (Traceability to the Plantation atau "TTP").

Upaya ini tidak hanya menjamin sumber bahan baku Perusahaan namun juga menjadi titik awal yang penting dalam upaya perusahaan untuk melibatkan para pemasok menuju perubahan yang lebih baik.

Pada akhir 2017, Perusahaan telah mencapai 100% TTP untuk 44 pabrik kelapa sawit (PKS) milik Perusahaan. Untuk tahap kedua, pemasok bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mewujudkan 100% TTP untuk pabrik-pabrik pemasok perusahaan pada akhir 2020.

Saat ini perusahaan sedang bekerja sama dengan lebih dari 420 PKS pemasok pihak ketiga untuk membantu mewujudkan TTP pada akhir 2020. Dengan pencapaian tersebut, Sinar Mas Agribusiness and Food dapat menjamin sumber bahan baku perusahaan.

Hal ini sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh para pihak lain di sektor kelapa sawit, termasuk para pelanggan utama Perusahaan yang terus mengupayakan transparansi penuh di rantai pasok kelapa sawit mereka.

Upaya menciptakan kelapa sawit berkelanjutan ini juga didukung penuh oleh GAPKI. "Kami bersama perusahaan kelapa sawit di Indonesia seperti Sinar Mas Agribusiness and Food berkomitmen untuk menciptakan dan menjalankan praktek-praktek kelapa sawit yang bertanggung jawab dan berkelanjutan” ujar Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help