Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 660 Triliun untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Sri Mulyani mengatakan, kualitas sumber daya manusia (SDM) di tanah air menjadi perhatian serius pemerintah dalam program pembangunan.

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 660 Triliun untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia
Ria Anatasia
Menkeu RI Sri Mulyani dalam seminar nasional 'Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia' di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (14/1/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kualitas sumber daya manusia (SDM) di tanah air menjadi perhatian serius pemerintah dalam program pembangunan.

Ia mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan dana investasi sekira Rp 660 triliun untuk program pendidikan dan kesehatan di 2019. Investasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Sri Mulyani menjabarkan, alokasi anggaran untuk pendidikan nilainya sekira Rp 495 triliun.

"Sebesar 20 persen untuk anggaran pendidikan nilainya di 2019 seperti tadi yang dikatakan Bapak Wakil Presiden (Jusuf Kalla) Rp 495 triliun,” kata Sri Mulyani saat mengisi acara Seminar dan Dialog Nasional “Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia menghadapi Revolusi Industri 4.0' di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Sementara di sektor kesehatan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 120 triliun.

Baca: Timnas U-22 Indonesia Kedatangan Kiper Baru yang Disebut Mirip dengan Kepa Arrizabalaga

Ani mengatakan, investasi ini guna menciptakan tenaga kerja yang berkualitas di Indonesia.

"Kita mengalokasikan Rp 120 triliun untuk kesehatan. Total pendidikan dan kesehatan saja dan lainnya kita sudah bicara mengenai anggaran yang di atas, lebih dari Rp 660 triliun yang harus kita gunakan momentumnya untuk betul-betul menginvestasikan SDM kita," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved