Sambangi BKPM, Jokowi Sebut Proses Perizinan Berusaha Sudah Lebih Cepat

Mengenakan batik coklat lengan panjang, Jokowi ke BKPM ditemani Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Sambangi BKPM, Jokowi Sebut Proses Perizinan Berusaha Sudah Lebih Cepat
TRIBUNNEWS/SENO
Presiden Jokowi saat meninjau PTSP di kantor BKPM, Jakarta, Senin (14/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau proses perizinan atau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (14/1/2019).

Mengenakan batik coklat lengan panjang, Jokowi ke BKPM ditemani Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala BKPM Thomas Lembong. Mereka tiba sekitar pukul 09.50 WIB.

Jokowi menjelaskan, peninjauan secara langsung proses perizinan di BKPM, untuk mamastikan bahwa sistem Online Single Submission (OSS) yang telah diluncurkan pemerintah berjalan dengan baik dan memudahkan investor.

"Perizinan-perizinan dengan sistem yang disederhanan online, bisa ngisi dari kantor, bisa ngisi dari rumah, seperti apa prosesnya. Tadi saya bertanya ke beberapa investor yang datang, masyarakat, kalau saya liat ya cepat," papar Jokowi.

Baca: Peritel Asal Thailand Central Departement Store Juga Akan Tutup Gerainya di NeoSoho Jakarta

Menurut Jokowi, perizinan di BKPM memakan waktu dua jam seperti izin permulaan, izin nomor induk berusaha dan izin usaha. Dimana, setelah mendapatkan izin tersebut, maka masyarakat atau investor bisa langsung memulai kegiatan investasinya.

"Sambil menunggu lagi ada yang namanya service level agreement selama satu bulan menyangkut izin lokasi, izin lingkungan, izin mendirikan bangunan. Tapi sudah bisa memulai dulu," papar Jokowi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved