JD.com Meluncurkan Penerbangan Drone Pertama di Indonesia

Kesuksesan uji coba ini berhasil membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

JD.com Meluncurkan Penerbangan Drone Pertama di Indonesia
ist
Penerbangan uji coba tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 dengan rute terbang drone dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles (Jabar) dengan mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa. Barang-barang yang dikirim menggunakan drone tersebut sebagian dari donasi peralatan sekolah dari JD.com ke sekolah tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - JD.com, retailer terbesar di China, mengumumkan suksesnya uji coba penerbangan drone untuk pengiriman barang yang secara resmi dan pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia.

Kesuksesan uji coba ini berhasil membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Dalam uji coba terbang drone tersebut, telah hadir perwakilan dari Kementerian Perhubungan, TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia) untuk menyaksikan uji coba terbang drone untuk pengiriman barang tersebut.

Berita tersebut diumumkan pada konferensi pers dalam Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) tahun 2019.

“Kami bangga JD.ID menjadi bagian peristiwa bersejarah di Indonesia dalam lompatan teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," kata CEO JD.ID, Zhang Li dalam keterangan tertulis, Selasa (22/1/2019).

Baca: Pamela Duo Serigala Pernah Ditawar Rp 500 Juta oleh Pria Hidung Belang

Hal ini menjadi bukti komitmen JD.ID yang berkontribusi terhadap Indonesia, sejalan dengan misi perusahaan yakni Advancing Indonesia. "Terobosan ini melebihi bisnis utama kami di bidang e-dagang dan perusahaan teknologi," kata dia.

Penerbangan uji coba tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 dengan rute terbang drone dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles (Jabar) dengan mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa.

Barang-barang yang dikirim menggunakan drone tersebut sebagian dari donasi peralatan sekolah dari JD.com ke sekolah tersebut.

Dia mengatakan, Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, cocok dengan penerapan drone untuk pengiriman e-dagang serta layanan logistik lainnya. "Ini memungkinkan warga di Indonesia menikmati layanan lebih efisien," kata dia.

Kepala Drones and Tomorrow’s Airspace, Timothy Reuter pada pertemuan tahunan World Economic Forum 2019 mengatakan bahwa uji coba terbang drone ini menjadi lambang operasi pengiriman drone pertama yang disetujui pemerintah dalam sejarah Indonesia.

"Uji coba terbang drone ini adalah peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin di Asia Tenggara untuk meningkatkan akses ke peralatan medis, kemanusiaan, dan produk-produk komersil di daerah terpencil” kata Timothy Reuter.

JD.com dan mitra joint venture-nya, JD.ID adalah pelopor e-dagang berkualitas tinggi ke Indonesia. JD.ID yang memulai operasi pada tahun 2016 kini telah memiliki lebih dari 1 juta SKU dan melayani lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

JD.ID memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di Indonesia yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan.

Penulis: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved