30 Menit Mengudara, Lion Air JT-780 Tiba-tiba Berputar Arah ke Bandara Sultan Hasanuddin

Sesaat setelah mendarat dan posisi pesawat sudah sempurna di landas parkir, seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu

30 Menit Mengudara, Lion Air JT-780 Tiba-tiba Berputar Arah ke Bandara Sultan Hasanuddin
Tribun Batam
Ilustrasi: Pesawat Lion Air berjejer di Bandara Hang Nadim Batam, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM - Pesawat Lion Air JT-780 rute pemberangkatan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu pada Selasa (12/2/2019) pukul 21.28 WITA terpaksa kembali ke bandara asal atau return to base (RTB) setelah 30 menit di udara.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY itu transit di Makassar dari Surabaya. 

Sebelum diberangkatkan menuju Palu, Danang menerangkan pesawat yang membawa tujuh kru dan 149 penumpang itu sudah menjalani pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), setelah terbang 30 menit pilot memutuskan untuk RTB di bandar udara asal yaitu Makassar. Keputusan tersebut sudah sesuai prosedur operasional dikarenakan ada technical dan membutuhkan  pengecekan pesawat di darat," kata Danang dalam keterangan resmi, Rabu (13/2/2019).

Danang melanjutkan, sesaat setelah mendarat dan posisi pesawat sudah sempurna di landas parkir, seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu keberangkatan, guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

 "Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu atas ketidaknyamanan yang timbul," ucapnya.

Baca: Penumpang Lion Air Diminta Turun dari Pesawat di Semarang, Begini Penjelasan Manajemen

 "Lion Air sudah menginformasikan terkait penundaan keberangkatan kepada seluruh penumpang dan akan memberangkatkan dengan pesawat Lion Air lainnya. Lion Air juga memfasilitasi permintaan penumpang, seperti yang akan melakukan pengembalian dana (refund) dan perubahan jadwal terbang (reschedule) sesuai ketentuan," tambah dia.

Baca: Komjen Arief Sulistyanto Blak-blakan Soal Pemberhentian 13 Taruna Akpol, Begini Faktanya

Selain itu, Lion Air telah memberangkatkan JT-780D (12/2/2019) pukul 23.35 WITA dengan menggunakan armada lainnya yaitu Boeing 737-900ER registrasi PK-LGP, yang mengangkut tujuh kru beserta 136 penumpang. Pesawat sudah tiba di Palu pukul 00.35 WITA.

"Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY sudah dilakukan pemeriksaan dan perbaikan, serta dinyatakan laik terbang," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved