Maskapai Penerbangan Diimbau Turunkan Tarif Tiket Pesawat

Budi bilang imbauan tidak hanya disampaikan pada maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk, tetapi juga untuk maskapai swasta.

Maskapai Penerbangan Diimbau Turunkan Tarif Tiket Pesawat
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiket pesawat yang dinilai kemahalan terus menjadi pembicaraan publik. Pemerintah pun akan mengimbau maskapai untuk menurunkan tarif tiket pesawat.

"Iya (bentuknya imbauan), ini koorporasi tidak boleh diarahkan," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai rapat di kawasan istana kepresidenan, Rabu (13/2).

Meski begitu tarif tiket juga perlu diseimbangkan. Tidak hanya pada kepentingan masyarakat dengan tiket murah, tetapi juga keberlangsungan pelaku usaha penerbangan.

Baca: Oknum Kades di Bangkalan Diamankan Saat Konsumsi Sabu

Penurunan tarif tersebut diusahakan dapat terlaksana pada minggu ini. Budi bilang imbauan tidak hanya disampaikan pada maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk, tetapi juga untuk maskapai swasta.

Pemerintah akan mengkaji sektor yang bisa digunakan sebagai komponen penurunan harga tiket pesawat. Salah satunya adalah sektor bahan bakar. "Avtur berpengaruh dari komponen pengaruhnya 25% sampai 40%," terang Budi.

Efisiensi juga juga akan dilakukan dalam sektor lain. Budi bilang salah satu komponen yang paling besar berasal dari sektor leasing.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Pemerintah imbau maskapai penerbangan turunkan tarif tiket pesawat

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved