Tiket Domestik AirAsia 'Menghilang' dari Traveloka, Ada Apa?

Rifai Taberi, mengatakan sejak Kamis (14/2), secara "ajaib" tiket penerbangan domestik AirAsia menghilang dari online travel agent.

Tiket Domestik AirAsia 'Menghilang' dari Traveloka, Ada Apa?
KOMPAS IMAGES
Pesawat AirAsia di Bandara Juanda, Surabaya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam beberapa jam terakhir, sejumlah orang di linimasa Twitter mengeluhkan layanan Traveloka yang diduga tidak lagi menjual tiket penerbangan domestik maskapai Indonesia AirAsia. Kabarnya, tiket domestik AirAsia sudah tidak dijual Traveloka sejak Kamis (14/2/2019).

Hal ini tentu menyulitkan sejumlah calon penumpang AirAsia yang berniat memesan tiket. Apalagi tidak ada satu keterangan apapun dari Traveloka dari AirAsia terkait hal itu.

Apa sebenarnya yang terjadi?

Ketika dikonfirmasi, PR Manager Traveloka Busyra Oryza, mengaku saat ini maskapai Indonesia AirAsia masih melakukan pemeliharaan sistem, sehingga hal itu berdampak pada sistem reservasi tket yang ada.

Memang, pada Senin (11/2), Indonesia AirAsia sudah mengumumkan akan melaksanakan peningkatan taraf (upgrade) sistem reservasi Navitaire New Skies pada akhir pekan ini. Dengan begitu, sistem reservasi Air Asia tak beroperasi untuk sementara waktu yakni selama 13 jam. Pekerjaan upgrade sistem reservasi dilaksanakan mulai Sabtu (16/2/2019) pukul 13.00 WIB hingga Minggu (17/2/2019) pukul 02.00 WIB.

Dalam keterangan resminya, AirAsia menyebut sistem reservasi ditutup dan tidak akan tersedia dalam kurun waktu itu di website airasia.com, aplikasi AirAsia, call center, kantor penjualan AirAsia, konter layanan pelanggan, dan konter check-in di bandara.

"Setelah kami cek, saat ini sedang terjadi pemeliharaan sistem sehingga tiket maskapai AirAsia tidak tersedia untuk sementara waktu," ujarnya kepada Tribunnews.com, Sabtu (16/2/2019).

Namun di sisi lain, Direktur Komersial Indonesia AirAsia Rifai Taberi, mengatakan sejak Kamis (14/2), secara "ajaib" tiket penerbangan domestik AirAsia menghilang dari online travel agent.

Rifai mengaku, sebelumnya tidak pernah ada masalah. Banyak pelanggan yang akhirnya bertanya ke AirAsia tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia di online travel agent. Oleh karena itu, AirAsia mengarahkan pelanggan untuk membeli tiket AirAsia melalui website dan mobile app, sehingga rencana perjalanan mereka tetap lancar.

“Memang AirAsia melakukan pemeliharaan sistem, tetapi hanya pada Sabtu 16 Februari 2019 pukul 13.00 WIB hingga Minggu 17 Februari 2019 pukul 02.00 WIB. Artinya, jauh hari sebelum pemeliharaan sistem, tiket domestik AirAsia sudah tidak tersedia di online travel agent,” tegas Rifai Taberi kepada Tribunnews.com, Minggu (17/2/2019) pagi.

“Saat ini pun setelah pemeliharaan sistem selesai, tiket domestik AirAsia masih belum tersedia di online travel agent. Kami tengah menyadari ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana seharusnya.” katanya, melalui pesan instan Whatsapp.

Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent.
Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent. (Twitter)
Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent.
Warganet pertanyakan hilangnya tiket Airasia dari online travel agent. (Twitter)
Penulis: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved