Harga Emas Kembali Merosot

Harga emas hari ini cenderung masih mencari arah dengan beberapa kali menguat ke zona hijau.

Harga Emas Kembali Merosot
googleimage
Ilustrasi

TRIBUNNEWSD.COM, JAKARTA -  Harga emas makin suram. Logam mulia ini mencatat penurunan harga dalam tujuh hari perdagangan berturut-turut. Pada hari ini, Selasa (5/3/2019) pukul 8.13 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.287,40 per ons troi, turun tipis dari posisi kemarin pada US$ 1.287,50 per ons troi.

Harga emas hari ini cenderung masih mencari arah dengan beberapa kali menguat ke zona hijau. "Minat risiko menjadi penyebab penurunan harga emas," kata Carsten Menke, analis Julius Baer kepada Reuters.

Dia menambahkan bahwa setelah tembus ke bawah US$ 1.300 per ons troi pada akhir pekan lalu, penurunan harga emas sulit ditahan. Apalagi Amerika Serikat (AS) dan China ditengarai bisa meneken kesepakatan dagang pada 27 Maret mendatang.

Baca: Foxconn Pangkas Gaji Buruh Lantaran Sepinya Penjualan iPhone

Namun nilai tukar dollar AS masih berada dalam fase konsolidasi. Indeks dollar yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia cenderung bergerak tipis di sekitar 96,6 sejak akhir pekan lalu.

Analis Commerzbank mengatakan, harga emas bisa turun lagi jika data tenaga kerja AS yang akan dirilis akhir pekan menunjukkan perbaikan.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Penurunan harga emas belum terbendung 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved