Menhub Budi Karya: Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi Juga Untuk Optimalkan Bisnis UMKM

Budi mengatakan, arus kiriman barang lebih efisien dan efektif dan kegiatan ekspor produk UMKM menjadi lebih mudah.

Menhub Budi Karya: Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi Juga Untuk Optimalkan Bisnis UMKM
TRIBUNNEWS/REYNAS
Menhub Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan sektor infrastruktur yang dijalankan saat ini salah satu tujuannya yaitu untuk mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia lebih optimal.

Budi Karya Sumadi menyampaikan hal itu di acara Seminar dan Dialog Nasional Kesiapan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Semarang, Selasa (12/3/2019).

Menhub menjelaskan, melalui pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara akan semakin memperlancar alur logistik dengan didukung penerapan teknologi informasi untuk sektor pelabuhan seperti inaportnet, yang menurutnya dapat menurunkan waktu tunggu barang di pelabuhan atau dwelling time.

Budi mengatakan, arus kiriman barang lebih efisien dan efektif dan kegiatan ekspor produk UMKM menjadi lebih mudah.

Baca: Sempat Ditanyai Polisi, Pria Ini Selamat dari Kecelakaan Maut Boeing 737 Max 8 Ethiopian Airlines

Dia juga mengatakan, Pemerintah akan terus berinovasi dalam teknologi dengan mengaplikasikan dan mendukung start up berbasis digital, dengan harapan hal ini dapat memotivasi dan membantu UMKM untuk go digital.

Baca: Usulan Baru Menkeu: PPN BM Kendaraan Bermotor Menjad di Bawah 3.000 cc dan di Atas 3000 Cc

Budi berpesan kepada para pengusaha khususnya sektor UMKM, agar dapat memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang saat ini begitu pesat untuk mengembangkan peluang usahanya. Ia juga menyampaikan jadikan bonus demografi sebagai kekuatan Indonesia.

"Pengusaha mesti jeli memanfaatkan pembangunan infrastruktur serta kebijakan yang disiapkan pemerintah. Pembangunan infrastruktur ibarat lapangan bola yang telah disiapkan seluas-luasnya bagi pengusaha untuk bermain. Tugas pemerintah adalah membuka playing field ini bagi dunia bisnis mulai dari Aceh sampai Papua,” kata dia.

"Saya berharap, ke depannya pemerintah, pengusaha UMKM, akademisi, media, dan semua elemen masyarakat dapat bersinergi saling bahu membahu dalam mendorong terciptanya revolusi industry 4.0 di Indonesia," lanjutnya.

Sektor UMKM saat ini menyerap 96 persen tenaga kerja dan berkontribusi sebesar 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM adalah elemen penting dari ekonomi kerakyatan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved