PUPR Akan Bangun Hunian TOD di Lebak Bulus Dekat Markas MRT Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyulap aset lahan mereka sebagai kawasan hunian.

PUPR Akan Bangun Hunian TOD di Lebak Bulus Dekat Markas MRT Jakarta
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Suasana di depo MRT Lebak Bulus saat uji coba publik, Selasa (12/3/2019). Mulai Selasa 12 Maret hingga 24 Maret mendatang, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase I rute Bundaran HI-Lebak Bulus melakukan uji coba gratis untuk warga yang sudah melakukan pendaftaran. Selama uji coba, diperkirakan kereta bakal mengangkut sebanyak 285.600 penumpang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk menyiasati keterbatasan lahan hunian di DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyulap aset lahan mereka sebagai kawasan hunian.

Kelak, hunian tersebut terintegrasi dengan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. "Kami sudah bicarakan sedikit ada di Lebak Bulus lahannya PU. Kita bisa kerjasamakan agar jadi TOD," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menjajal Ratangga, rolling stock MRT, Rabu (13/3).

Dari identifikasi sementara, ia menyebut, luas lahan tersebut mencapai lima hektar. Basuki belum memastikan apakah kelak lahan itu disulap menjadi hunian jangkung atau hunian tapak.

Meski demikian, Basuki mengaku, Kementerian PUPR telah memiliki master plan pengembangan kawasan itu. Kini Kementerian PUPR tinggal menunggu minat pihak lain atau investor untuk diajak bekerja sama.

Baca: Djadjang Nurdjaman pun Puas dengan Materi Pemain yang Sudah Ada di Persebaya Surabaya

"Daripada saya bikin dengan APBN, kalau ada swasta yang bisa KPBU lebih baik. Jadi ada hitung-hitungan untuk komersial dan negara," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lahan Pemerintah di Lebak Bulus Bakal Disulap Jadi Hunian TOD"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved