Kemenhub Selenggarakan Angkutan Laut Perintis Sebanyak 113 Trayek Sepanjang 2019

Dengan rincian 46 trayek dilayani oleh PT Pelni melalui mekanisme penugasan dan 67 trayek dilayani oleh operator swasta melalui mekanisme pelelangan u

Kemenhub Selenggarakan Angkutan Laut Perintis Sebanyak 113 Trayek Sepanjang 2019
Tribunnews.com/Ilham
Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Angkutan Perintis dan Tol Laut Tahun Anggaran 2019 di Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko menjelaskan, pada 2019 Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan angkutan laut perintis dengan jumlah 113 trayek.

Dengan rincian 46 trayek dilayani oleh PT Pelni melalui mekanisme penugasan dan 67 trayek dilayani oleh operator swasta melalui mekanisme pelelangan umum.

Demikian disampaikannya saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Angkutan Perintis dan Tol Laut Tahun Anggaran 2019 di Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019).

"Kami bersyukur saat ini telah dilakukan kontrak dengan PT Pelni maupun operator swasta untuk ke 113 trayek tersebut dan kapal-kapal perintis sudah beroperasi semua," tutur Wisnu.

Baca: Bek Andalan Inter Milan Senilai Rp 1,5 Triliun Jadi Rebutan Real Madrid dan Manchester City

Sedangkan untuk penyelenggaraan angkutan barang di laut (Tol Laut) mencapai 18 trayek, dengan rincian 11 trayek dilayani oleh perusahaan BUMN melalui mekanisme penugasan.

"5 trayek oleh PT Pelni, 4 trayek oleh PT Djakarta Lloyd dan 2 trayek oleh PT ASDP dan 7 trayek lainnya dilayani oleh operator swasta melalui mekanisme pelelangan umum," jelasnya.

"Untuk 11 trayek penugasan seluruhnya sudah dilakukan kontrak dan kapal sudah beroperasi. Sedangkan yang dioperasikan oleh swasta sudah ditetapkan pemenangnya dan akan dilaksanakan penandatanganan kontrak pada tanggal 25 Maret 2019," urai Wisnu.

Ia berharap kegiatan Rakornis ini bisa menjadi momentum penting untuk saling bertukar pikiran, mengevaluasi sekaligus mengkonsolidasikan semua permasalahan terkait penyelenggaraan angkutan laut perintis dan Tol Laut sehingga ke depan dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan angkutan laut di seluruh Indonesia.

Adapun peserta Rakornas berasal dari perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, UPT Ditjen Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Provinsi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi, perusahaan BUMN, asosiasi, operator kapal, akademisi dan stakeholder terkait.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved