Uni Eropa siapkan aksi balasan jika Amerika Serikat mengenakan tarif impor

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan bahwa kedua pihak perlu mencapai kesepakatan persahabatan.

Uni Eropa siapkan aksi balasan jika Amerika Serikat mengenakan tarif impor
Logo Uni Eropa

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Uni Eropa tak tinggal diam dengan langkah Amerika Serikat yang menyiapkan daftar produk asal kawasan tersebut untuk dikenai tarif gara-gara subsidi terhadap industri kedirgantaraan. Uni Eropa telah memulai persiapan untuk membalas aksi tersebut.

Dilansir dari Reuters, seorang sumber dari Komisi Eropa menyebut tindakan yang disiapkan oleh Amerika Serikat sangat berlebihan.

Airbus mengatakan tidak melihat dasar hukum dalam langkah yang diambil AS. Perusahaan tersebut juga memperingatkan keputusan tersebut akan memperkeruh ketegangan perdagangan transatlantik.

Sementara itu Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan bahwa kedua pihak perlu mencapai kesepakatan persahabatan. 

Baca: FOTO-FOTO: Lima Momen Dramatis Kemeriahan Kampanye Prabowo di Kota Palembang

"Ketika saya melihat situasi pertumbuhan global, saya tidak berpikir kita mampu memiliki konflik perdagangan bahkan jika hanya pada masalah spesifik industri pesawat terbang di Amerika Serikat dan Eropa," katanya.

Kedua belah pihak mendekati titik puncak dari pertikaian subsidi yang telah bergulir melalui WTO selama hampir 15 tahun.

Kedua belah pihak telah memenangkan kemenangan parsial dalam mengklaim Airbus dan Boeing menerima subsidi yang melanggar hukum. Namun kedua pihak masih bertikai soal nilai kerugian dan apakah masing-masing juga telah mematuhi peraturan WTO.

Tendi/Sumber : Reuters

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Uni Eropa siapkan aksi balasan jika Amerika Serikat mengenakan tarif impor 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved