Jelang Ramadan, Bulog Pekalongan Pastikan Pasokan Beras Aman

Perum Bulog memastikan pasokan beras di sub divisi regional IV Pekalongan meliputi Tegal, Brebes, Pekalongan, Pemalang dan Batang aman.

Jelang Ramadan, Bulog Pekalongan Pastikan Pasokan Beras Aman
Tribunnews.com/Ria Anatasia
Kepala Perum Bulog Sub Divre IV Pekalongan, Rasiwan saat acara Bulog Press Tour di Gudang Bulog Munjung Agung, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019). TRIBUNNEWS.COM/RIA ANATASIA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Perum Bulog memastikan pasokan beras di sub divisi regional IV Pekalongan meliputi Tegal, Brebes, Pekalongan, Pemalang dan Batang aman menjelang Ramadan.

Kepala Perum Bulog Sub Divre IV Pekalongan, Rasiwan mengatakan, stok kebutuhan pangan masih aman menjelang datangnya bulan Ramadan.

Menurutnya, pihaknya selama ini terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menjaga dan mengantisipasi melonjaknya harga-harga pangan, terutama beras.

"Jadi kami menjelang puasa dan lebaran sudah koordinasi di dalam persiapan menjelang puasa dan ramadan untuk mengantisipasi gejolak harga yang mungkin dikhawatirkan mengalami kenaikan harga yang tidak terkendali," ujar Rasiwan saat acara Bulog Press Tour di Gudang Bulog Munjung Agung, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019).

Bulog Sub Divisi Regional IV Pekalongan
Perum Bulog memastikan pasokan beras di sub divisi regional IV Pekalongan meliputi Tegal, Brebes, Pekalongan, Pemalang dan Batang aman menjelang Ramadan. TRIBUNNEWS.COM/RIA ANATASIA

Riswan memaparkan, stok pangan yang disimpang di gudang Mubjung Agung meliputi beras 23.000 ton, gula pasir 50 ton, minyak goreng 16.000 liter, daging 1,9 ton, dan tepung terigu 2 ton.

"Melihat pergerakan harga, posisi stok ini aman," ucapnya.

Saat ini, lanjut Rasiwan, pihaknya sudah bisa masuk ke pasar-pasar di wilayah Sub Divre Pekalongan, termasuk di Tegal, Jawa Tengah.

Menurutnya, dengan masuknya Perum Bulog ke pasar-pasar itu akan memudahkan dan memberikan pilihan kepada masyarakat.

"Ini sangat membantu masyarakat untuk melakukan pilihan dengan harga yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Bulog Sub Divisi Regional IV Pekalongan_1
Perum Bulog memastikan pasokan beras di sub divisi regional IV Pekalongan meliputi Tegal, Brebes, Pekalongan, Pemalang dan Batang aman menjelang Ramadan. TRIBUNNEWS.COM/RIA ANATASIA

Adapun harga gabah kering giling (GKG) di sana sebesar Rp 5.115 per kilogram (kg) dan berasnya Rp 8.030 per kg. Sementara harga di pasar bebas maupun beras yang diserap Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menurutnya, bisa di atas Rp. 9.000 per kg.

Tak hanya untuk wilayah sibdivre Pekalongan, beras Bulog di gudang tersebut juga dikirim ke wilayah lainnya yang mengalami defisit.

"Untuk kepentingan di sini, bisa juga kepentingan wilayah lain, kemarin terakhir kirim ke Sumatera Selatan 2.000 ton, kami sebagai wilayah produsen bantu wilayah defisit," tuturnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved