Menteri Rini Janjikan Garuda Akan Kooperatif Turunkan Tarif Penerbangan

"Dari regulator akan menghitung kembali (TBA), kami akan mengikuti dong," kata Menteri Rini

Menteri Rini Janjikan Garuda Akan Kooperatif Turunkan Tarif Penerbangan
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Menteri BUMN Rini Soemarno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan, Garuda Indonesia sebagai perusahaan maskapai penerbangan pelat merah akan mengikuti kebijakan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait tarif batas atas (TBA) tiket pesawat untuk kelas penerbangan ekonomi.

"Dari regulator akan menghitung kembali (TBA), kami akan mengikuti dong," kata Menteri Rini usai menghadiri rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/5/2019).

"Garuda kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan. Kami akan mengikuti apa yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan," tambahnya.

Baca: Menhub Janji Segera Turunkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

Rini mengatakan, pihaknya akan meninjau lebih lanjut struktur biaya maskapai penerbangan. Menurutnya, memang ada beberapa pos biaya yang dapat diubah.

Menteri BUMN Rini Soemarno usai peresmian miniatur Halal Park oleh Presiden RI Joko Widodo di GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019).
Menteri BUMN Rini Soemarno

"Kami sedang mengecek salah satunya ada beberapa cost yang bisa ditinjau," jelasnya.

Dia menegaskan, persoalan tarif tiket pesawat tidak hanya menyangkut Garuda Indonesia saja, namun maskapai penerbangan lainnya.

"Kan tidak hanya Garuda tapi harus diperjelas semua (maskapai). Semua tuh ada cost structure-nya. Ini memang harusnya mirip-mirip ya cost structure-nya. Nah, ini sedang saya lihat," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan menurunkan tarif batas atas tiket penerbangan ekonomi dalam waktu seminggu ke depan. Keputusan ini diambil guna membuat harga tiket lebih terjangkau serta menjaga daya beli masyarakat.

"Hasil rapatnya, kami akan dievaluasi tarif batas atasnya. Saya diberi waktu seminggu untuk menetapkan batas atas baru, untuk penerbangan kelas ekonomi," ungkap Budi usai menghadiri rapat koordinasi di Kemenko Perekonimian, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Harga tiket pesawat yang meroket membuat agen tour and travel di Lampung sepi pemesan.
Harga tiket pesawat yang meroket membuat agen tour and travel di Lampung sepi pemesan. 
Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved