Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Sementara Beroperasi Tanpa Tarif

Jalan Tol Pandaan-Malang dapat memangkas waktu tempuh dari Surabaya ke Malang dari sebelumnya 4 sampai 5 jam menjadi 1-1,5 jam.

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Sementara Beroperasi Tanpa Tarif
HANDOUT
Peresmian Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 30,625 km di Gerbang Tol (GT) Singosari, Malang, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga seksi Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 30,625 km yang acaranya dipusatkan di Gerbang Tol (GT) Singosari, Malang, Senin (13/5/2019).

Peresmian jalan tol ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Muspida.

Hadir pula di acara ini, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Kepala BPJT Danang Parikesit dan Dirut Jasa Marga Desi Arryani.

Presiden Jokowi mengatakan, untuk sementara, Jalan Tol Pandaan-Malang akan beroperasi tanpa tarif untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat hingga libur Lebaran.

“Saya sudah bisik-bisik ke Menteri BUMN, jangan sampai bayar dulu sampai Lebaran. Gratisin dulu sampai Lebaran untuk dicoba masyarakat sekitar dan sudah dijawab bisa oleh Menteri BUMN,” ujar Joko Widodo.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, keberadaan Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan bagian dari peran BUMN sebagai agen pembangunan dalam mendorong peningkatan konektivitas darat dan pemerataan ekonomi.

Baca: Pacar Vera Oktaria, Terduga Pelaku Mutilasi Karyawati Indomaret, Bukan Orang Sembarangan

Dia menyatakan, pihaknya terus mendorong Jasa Marga dan PT PP sebagai kontraktor, agar proyek ruas tol ini bisa selesai semua.

"Pak Presiden juga sudah memberikan arahan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jadi jalan tol ini kita gratiskan hingga libur lebaran," kata Rini.

Jalan Tol Pandaan-Malang
Gerbang Tol Singosari di Jalan Tol Pandaan-Malang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap Jalan Tol Pandaan-Malang dapat memperlancar transportasi dan mobilitas orang dan barang dari Pandaan ke Malang yang terkoneksi langsung ke Surabaya dan sebaliknya.

Meski bukan termasuk bagian Tol Trans Jawa, Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca: Kisah Tentang Suradi, Pengangguran Yang Punya Warisan Lahan 2000 M2 untuk Kolam Ikan dan Lobster

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved