DPD RI
Gedung Nusantara
Gedung Nusantara

Jhon Pieris Pimpin Kelompok DPD RI di MPR dan BPKK DPD RI

Pemilihan John Pieris didasarkan pada hasil Rapat Kelompok DPD RI yang dilaksanakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (18/8/2015)

Jhon Pieris Pimpin Kelompok DPD RI di MPR dan BPKK DPD RI
DOK. DPD RI
Suasana Rapat Kelompok DPD di MPR dan Rapat Pleno BPKK yang diselenggarakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (18/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM - DPD RI menggelar Rapat Kelompok DPD di MPR dan Rapat Pleno BPKK pada Selasa (18/8/2015) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad langsung memimpin sidang yang dihadiri seluruh anggota DPD RI tersebut.

Rapat itu sendiri digelar sesuai dengan pasal 107 ayat (2) Peraturan Tata Tertib DPD RI yang menjelaskan BPKK juga berfungsi memerankan tugas-tugas sebagai Kelompok Anggota MPR yang berasal dari seluruh anggota DPD yang mempersatukan dan mengorganisasikan segenap anggota DPD dalam kapasitasnya sebagai anggota MPR.

Rapat itu menghasilkan beberapa keputusan, yakni kelompok DPD RI di MPR terdiri dari satu ketua, satu sekretaris, lima wakil ketua dan dua wakil sekretaris.

Sementara dalam masing-masing wilayah berhak mencalonkan pimpinan sebanyak tiga orang. Dalam rapat itu, wilayah tengah sepakat mencalonkan Ahmad Subadri, Aji Muhammad Mirza, Bambang Sadono. Sementara wilayah timur mencalonkan John Pieris, Gede Pasek Suardika, Nurmawati Dewi Bantilan. Sedangkan wilayah barat mencalonkan M. Syukur, Instiawati Ayus, Darmayanti Lubis.

Berdasarkan hasil musyawarah, disepakati tiga nama calon pimpinan dari masing-masing wilayah adalah Instiawati Ayus mewakili wilayah barat, John Pieris mewakili wilayah timur, dan Bambang Sadono mewakili wilayah tengah.

Setelah melalui proses pemilihan secara voting, John Pieris kemudian ditetapkan sebagai Ketua Kelompok DPD di MPR sekaligus sebagai Ketua BPKK, Bambang Sadono sebagai Sekretaris Kelompok DPD di MPR sekaligus sebagai Wakil Ketua I BPKK, Instiawati Ayus sebagai Wakil Ketua Kelompok DPD di MPR sekaligus sebagai Wakil Ketua II BPKK DPD RI Masa Sidang I Tahun Sidang 2015-2016.

Setelah mensahkan ketiga senator tersebut, pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad mengharapkan, “Semoga pimpinan yang terpilih mampu melaksanakan fungsi pengembangan sesuai dengan kapasitas kelembagaan secara maksimal. Selain itu, mampu mengejawantahkan nilai-nilai demokrasi dalam rangka perjuangan kita yang fundamental." (advertorial)

Ikuti terus perkembangan terbaru dari Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) hanya di Kabar DPD RI.

Penulis: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved