• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Stadion Metalist Seperti Sarang Laba-laba Raksasa

Rabu, 6 Juni 2012 16:26 WIB
Stadion Metalist Seperti Sarang Laba-laba Raksasa
net
Metalist Stadium

TRIBUNNEWS.COM – Dilihat dari jauh, Stadion Metalist ini terkesan seperti sebuah laba-laba raksasa. Citra itu muncul karena stadion yang dibangun pada 1926 tersebut disangga 24 tiang di bagian luar tribunnya, dan ke-24 tiang itu bengkok keluar layaknya seperti kaki laba-laba.

Tadinya, stadion yang asalnya bernama Stadion Kharkiv ini punya konstruksi bangunan konvensional. Setelah melalui rekonstruksi selama dua tahun, dari 2007 sampai 2009, jadilah stadion yang kini bernama Stadion Metalist ini punya julukan sebagai Spider Stadium alias "Stadion Laba-laba Raksasa". Stadopm tersebut diberi nama Metalist karena dimiliki oleh klub sepakbola Ukraina, Metalist Kharkiv.

Ke-24 tiang itu menjadi penopang kokoh hingga stadion Metalist disebut-sebut punya kemampuan menahan goncangan gempa bumi hingga 8 magnitude. Selain sebagai sebuah tempat perhelatan olahraga, stadion ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan bola utama dan lapangan bola tambahan, enam gimnasium, pusat pelayanan dan kesehatan, dan hotel untuk para atlet.

Stadion dengan lima lantai ini memiliki area hotel untuk para atlet yang berada di lantai terbawah, serta pusat pers dan media di lantai dua dan lima. Di lantai tiga terdapat sebuah restoran dengan 360 kursi. Di lantai empat adalah tempat para penonton VIP. Dari total kapasitas stadion ini, 506 kursi didesain khusus untuk tamu VIP, 102 kursi untuk mereka yang cacat, dan 900 kursi untuk media massa.

Adalah sosok Oleksandr Yaroslavsky yang menanamkan obsesi di Metalist Stadium. Orang terkaya di Ukraina itu merupakan otak dibalik megahnya Metalist Stadium. Chairman klub Metalist Kharkiv itu merupakan pendiri grup perusahaan finansial-industri tertua dan terkuat di Ukraina, DCH. Grup DCH memiliki beberapa perusahaan di sektor finansial, industri, dan konstruksi, termasuk klub Metalist Kharkiv.

Yaroslavsky memanfaatkan kekuatannya di bidang konstruksi untuk membangun Metalist Stadium. Anggota dewan penasihat khusus investor Presiden Ukraina pada 2010 itu merogoh kocek sampai 288,9 juta dollar Amerika Serikat demi memenuhi ambisi memodernisasi infrastruktur olahraga di Kharkiv. Rekonstruksi Metalist Stadium itu bahkan dimulai jauh sebelum Ukraina bersama Polandia ditunjuk sebagai tuan rumah Euro 2012.

Rekonstruksi Metalist Stadium yang digarap sahabatnya Roman Abramovich itu adalah keempat kalinya pada stadion yang berdiri pada 1926 di atas pemakaman Holly Spirit tersebut. Pada pertengahan 1960, renovasi pertama dilakukan pada sisi barat stadion yang pada awalnya disebut Traktor itu. Renovasi kedua pada 1970 dilakukan untuk menambah kapasitas penonton hingga mencapai 30.000. Pada renovasi kedua itu, Yu Tabakova yang ditunjuk sebagai arsitek menambahkan atap dan sistem pengaliran. Renovasi ketiga pada 1979.

Oleksandr Yaroslavsky pun mempermegah stadion dengan pemanas di bawah lapangan. Pria yang disebut-sebut memiliki pendapatan 3,5 juta miliar dollar Amerika Serikat pertahun itu pun membangun pusat perbelanjaan dan pusat perniagaan bernama Metalist-Arena. (Tribunnews/den)

Editor: Dodi Esvandi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
598402 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas