• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribunnews.com

Italia vs Spanyol, Pertarungan Dua Juara Dunia

Minggu, 10 Juni 2012 11:26 WIB
Italia vs Spanyol, Pertarungan Dua Juara Dunia
IST

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

 TRIBUNNEWS.COM, GDANSK - Timnas Italia akan berhadapan melawan Timnas Spanyol dalam laga perdana Grup C Euro 2012 yang akan dilangsungkan di PGE Arena Gdansk, Minggu (10/6/2012).

 Pertandingan “Matador” Spanyol melawan “Azzurri” Italia selalu menarik untuk disaksikan. Keduanya menjadi juara Piala Dunia dalam dua gelaran terakhir, Italia di 2006 dan Spanyol di 2010. Skuad yang dipanggil oleh kedua pelatih juga masih menyertakan pemain yang membawa kedua negara menjadi pemenang.

Italia masih menyertakan nama-nama seperti Gianluigi Buffon, Daniele De Rossi, dan Andrea Pirlo. Sementara di tim Spanyol, deretan pemain kelas dunia seperti Iker Casillas, Sergio Ramos, David Silva, Andres Iniesta, Xabi Alonso, Cesc Fabregas, Fernando Torres masih menghiasi skuad Matador.

 Melihat dari sejarah pertemuan kedua tim, Spanyol dan Italia telah 29 kali bertemu. Matador menang 8 kali, seri 11 kali dan kalah 10 kali. Tujuh kemenangan terakhir yang didapatkan oleh Spanyol diraih dalam pertandingan uji coba. Di Euro, Matador dan Azzurri terakhir kali bertemu pada gelaran Euro 2008.

Ketika itu, kedua tim berhadapan di babak perempat final, Spanyol yang diperkuat David Villa, berhasil menang adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal. Kekalahan dari Spanyol dibalas di Agustus 2011, dua gol Azzurri yang dicetak oleh Ricardo Montolivo dan Alberto Aquillani hanya mampu dibalas oleh satu gol Xabi Alonso.

 Dari sembilan kali pertandingan Italia di Euro, Azzurri hanya berhasil meraih 2 kali menang, 5 kali seri, dan 2 kali kalah. Sementara Spanyol menjadi salah satu tim yang memiliki catatan terbaik, dari 45 kali bertanding, Matador berhasil meraih 41 kemenangan, 14 diantaranya dilakukan secara beruntun.

 Di pertandingan melawan “Azzurri” Italia, “Matador” Spanyol harus kehilangan dua pemain berpengaruh yaitu David Villa dan Carles Puyol yang absen sebelum turnamen di mulai karena cedera. Absennya Puyol di lini belakang, mengharuskan Vicente del Bosque untuk menarik Sergio Ramos dari posisi bek kanan menjadi bek tengah, menemani Gerard Pique. Sementara rekan tim Ramos di Real Madrid yakni, Alvaro Arbeloa akan mengambil posisinya di bek kanan.

Lini tengah Matador akan diisi oleh Xabi Alonso dan Xavi Hernandez sebagai motor serangan. Di pertandingan ini, Del Bosque untuk sementara akan menyimpan Cesc Fabregas yang kondisinya belum bugar pasca menderita cedera paha saat berlaga di ajang Copa del Rey. Di depan, hilangnya Villa disiasati mantan pelatih Real Madrid ini dengan memasukkan Fernando Torres yang kemungkinan akan diduetkan dengan Fernando Llorente.

Apabila Del Bosque ingin menempatkan pemain lebih banyak di lini tengah, mungkin Anders Iniesta akan dimainkan dan Fernando Torres digantung menjadi striker tunggal yang diapit oleh dua sayap Juan Mata ataupun Santi Cazorla.

 Sementara itu, Azzurri sedang dilanda masalah akibat dari skandal pengaturan skor di Liga, di Euro 2012 ini tidak diperkuat beberapa pemain. Giuseppe Rossi absen karena mengalami cedera dan Domenico Criscito yang menjalani penyelidikan akibat skandal taruhan skor. Pelatih Azzurri Italia juga dipusingkan dengan cedera yang dialami bek tengah Andrea Barzagli, yang diperkirakan akan absen dua pertandingan awal di Euro 2012.

 Perubahan formasi diprediksi akan dilakukan oleh mantan pelatih Fiorentina tersebut. Prandelli kemungkinan akan merubah formasi dari 4-3-1-2 ke 3-5-2. Kurangnya komposisi pemain di posisi bek tengah, disiasati dengan memainkan gelandang asal AS Roma Daniele De Rossi bermain di bek tengah. Andrea Pirlo yang bermain bagus di musim ini dengan berhasil membawa Juventus juara Liga Seri A Italia akan menjadi motor serangan. Di lini depan, duet Antonio Cassano dan Mario Balotelli menjadi tumpuan untuk mencetak gol.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
610392 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas