• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

Ukraina vs Swedia, Hasil Akhir 2-1 : Sheva Pahlawan

Selasa, 12 Juni 2012 03:42 WIB
Ukraina vs Swedia, Hasil Akhir 2-1 : Sheva Pahlawan
AFP/DAMIEN MEYER
MEMBALIK KEADAAN - Andriy Shevchenko menjadi penentu kemenangan Ukraina berkat dua golnya ke gawang Swedia. Tuan rumah Ukraina unggul 2-1 setelah sempat tertinggal dari Swedia pada laga penyisihan Grup D Euro 2012, di Stadion Olympic, Kiev, Senin (11/6/2012).

TRIBUNNEWS.COM, KIEV- Dua gol Andriy Shevchenko berhasil menghantarkan Ukraina meraih kemenangan 2-1 atas Swedia di Olympic Stadium, Kiev, Selasa (12/6/2012) dini hari WIB. Kemenangan ini terasa spesial karena Ukraina sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Zlatan Ibrahimovic.

Bermain di hadapan publik sendiri, Ukraina tampil percaya diri menghadapi Swedia.  Kedua tim bermain bermain terbuka sejak awal pertandingan. Ukraina mengandalkan tusukan-tusukan dari sayap dalam membongkar pertahanan Swedia. Namun, usaha skuat asuhan Oleg Blokhin itu melalui Andriy Shevchenko, Voronin, dan Yarmolenko selalu dapat diatasi pemain bertahan Swedia yang mengandalkan postur raksasa. Ukraina terus menekan selama 15 menit pertama.

Swedia yang tidak gentar bermain di hadapan publik tuan rumah mengandalkan Zlatan Ibrahimovic yang bermain bebas sebagai pengatur serangan tim. Pada menit ke-15, sebuah umpan silang penyerang AC Milan itu sempat mengancam gawang Ukraina yang dikawal oleh Pyatov. Beruntung kiper 19 tahun itu mampu memotong lajur bola.

Ukraina kemudian mengubah alur serangan dengan mengandalkan umpan-umpan panjang dan terobosan. Namun, usaha pasukan debutan di Euro itu belum mampu menembus gawang Swedia. Meskipun begitu, Sheva, cs mampu menekan pertahanan Swedia.

Swedia pun terlihat kesulitan mengembangkan permainan dana hanya mampu melepaskan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti. Raut wajah cemas pun tampak dari pelatih Swedia, Erik Hamren.

Peluang emas pertama Ukraina tercipta melalui ikon sekaligus kapten tim, Andriy Shevchenko pada menit 23. Pemain yang akrab disapa Sheva itu mendapat umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan kiper Anders Isaksson. Sayang, tendangan eks AC Milan itu masih melebar.

Tendangan keras Voronin pada menit 35 dari luar kotak penalti pun masih sanggup ditepis oleh Isaksson.

Pertahanan hebat kembali ditunjukkan Swedia ketika menahan kemelut di depan gawang pada menit 38. Diawali oleh aksi solo Shevchenko. Tendangan Sheva berhasil diblok oleh Isaksson. Bola liar kemudian disambut oleh Yarmolenko dan berhasil diblok oleh barisan pertahanan Swedia.

Swedia nyaris unggul pada menit 39 namun, sayang sundulannya ke tiang jauh masih membentur mistar gawang Ukraina.

Peluang emas kembali diperoleh oleh Ukraina melalui Komoplyanka melalui tendangan voli di depan gawang menyambut umpan silang. Sayang, tendangannya terlalu keras dan bola membumbung tinggi di atas gawang Swedia.

Skor kacamata 0-0 bertahan hingga turun minum. Ukraina menguasai pertandingan dengan 57% berbanding 43% milik Swedia. Ukraina melepas 3 tembakan tepat ke gawang, sedangkan Swedia hanya 1.

Memasuki babak ke-dua, Swedia secara perlahan mulai menekan Ukraina. Sebuah tendangan keras Rosenberg dari dalam kotak penalti pada menit 46 berhasil dihalau bek Ukraina.

Usaha Swedia membongkar pertahanan Ukraina akhirnya berhasil pada menit 52 melalui sepakan Zlatan Ibrahimovic dari dalam kotak penalti menyambut umpan silang datar Kim Kallstrom. Gol tersebut menjadi gol ke-34 eks Barcelona, Inter Milan, dan Juventus itu dari 78 penampilan bersama Swedia.

Ukraina yang tidak mau dipermalukan di hadapan publik sendiri akhirnya membalas melalui diving header Andriy Shevchenko menyambut umpan silang Andriy Yarmolenko pada menit 55. Gol tersebut merupakan gol pertama Ukraina melalui open play di turnamen besar.

Gol sang kapten ternyata menjadi lecutan bagi skuat asuhan Oleg Blokhin. Kepercayaan diri Shevchenko, cs pun meningkat dan berusaha kembali menekan Swedia.

Pada menit 62, Sheva kembali menunjukkan kepahlawanannya melalui sundulannya menyambut tendangan penjuru. Pemain 35 tahun itu berlari menyambut tendangan penjuru melewati kawalan Ibrahimovic. Kepala emas eks Chelsea itu pun disambut riuh ribuan suporter Ukraina yang memadati stadion paling bersejarah di Ukraina tersebut.

Ketertinggalan satu gol membuat Swedia berusaha meningkatkan serangan dengan memasukkan Wilhemsson menggantikan Larsson pada menit 68. Pelatih Erik Hamren kemudian memasukkan Johan Elmander menggantikan Markus Rosenberg tiga menit kemudian untuk memecah kebuntuan lini depan Swedia.

Masuknya Elmander dan Wilhemsson memang meningkatkan serangan Swedia. Sayang, beberapa kali usaha pemain Swedia selalu menemui jalan buntu. Sebuah tendangan voli nan keras Ibrahimovic pada menit 76  masih berhasil ditepis dengan susah payah oleh kiper Pyatov.

Pelatih Oleg Blokhin kemudian menyuntikkan tenaga baru dengan memasukkan Milevskiy menggantikan Shevchenko yang mulai tampak kelelahan pada menit 81. Keluarnya Sheva disambut tepuk tangan meriah suporter Ukraina. Menyusul Andriy Voronin keluar digantikan Ruslan Rotan pada menit 85.

Meskipun sudah unggul 2-1, Ukraina tetap meningkatkan serangan meskipun beberapa kali Swedia nyaris mencuri menyamakan kedudukan. Skor pun tidak berubah hingga peluit berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Susunan pemain
Ukraina : Pyatov, Selin, Khacheridi, Mikhalik, Tymoshchuk, Gusev, Yarmolenko, Nazarenko, Konoplyanka/Devic (90'), Shevchenko/Milevskiy (81'), Voronin/Rotan (85')

Swedia : Isaksson, Lustig, Mellberg, Granqvist, M. Olsson, Elm, Larsson/Wilhelmsson (68'), Källström, Ibrahimović, Toivonen/Svensson (62'), Rosenberg/Elmander (71')

                                                                   Berita Terkait: Euro 2012


Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
0 KOMENTAR
616032 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas