Euro 2012

Inggris vs Ukraina: Diwarnai Gol Hantu, Inggris Menang 1-0

Inggris akhirnya berhasil lolos ke babak 8 besar Euro 2012, setelah mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0

Inggris vs Ukraina: Diwarnai Gol Hantu, Inggris Menang 1-0
net
John Terry menyapu bola tendangan pemain Ukraina yang sudah melewati garis gawang

TRIBUNNEWS.COM – Inggris akhirnya berhasil lolos ke babak 8 besar Euro 2012, setelah mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0, di laga terakhir penyisihan grup D Euro 2012, yang digelar di Donbass Arena, Rabu (20/6/2012) dinihari Wib. Gol tunggal kemenangan Inggris di pertandingan itu lahir dari sundulan Wayne Rooney di menit ke-48.

Rooney yang baru terbebas dari hukuman larangan bertanding, ditampilkan oleh pelatih Roy Hodgson sejak menit awal pertandingan. Penyerang Manchester United itu diduetkan dengan rekan seklubnya, Danny Welbeck.

Sayangnya meski sudah memainkan Rooney, Inggris justru tampil melempem di awal laga. Sebaliknya Ukraina yang tampil tanpa Andriy Shevchenko, justru berkali-kali menekan pertahanan Inggris. Sayangnya

Namun duet Yevhen Konoplyanka dan Marko Devic di lini depan Ukraina, gagal memaksimalkan sejumlah peluang yang diraih. Hingga 30 menit pertandingan berjalan, Ukraina terus menekan pertahanan Inggris.

Di sisi lain Wayne Rooney dkk lebih banyak menunggu ketimbang berinisiatif membangun serangan. Kalaupun ada serangan yang dibangun pemain Inggris, semuanya berhasil diredam lini belakang Ukraina. Alhasil hingga akhir babak pertama, skor tetap imbang 0-0.

Di awal babak kedua Inggris mengubah taktik. Mereka mencoba meningkatkan tekanan. Hasilnya baru tiga menit babak kedua dimulai, Inggris berhasil membobol gawang Ukraina lewat gol yang dicetak oleh Wayne Rooney.

Gol itu berawal dari umpan tendangan sudut yang diambil oleh Ashley Young. Bola berhasil disapu oleh pemain Ukraina, namun kembali jatuh ke kaki Steven Gerrard.

Pemain Liverpool itu kemudian kembali mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Bola tendangan Gerrard gagal ditangkap penjaga gawang Ukraina. Akibatnya Rooney yang berdiri bebas, dengan leluasa menyundul bola ke gawang Ukraina yang sudah kosong. Gol ini sekaligus menjadi gol pertama bagi Wayne Rooney di ajang Euro 2012.

Tertinggal 1-0 membuat Ukraina takmau kalah. Mereka ikut meningkatkan serangannya. Di menit ke-62 terjadi peristiwa kontroversial. Sebuah bola tendangan pemain Ukraina tidak disahkan menjadi gol oleh wasit, meski bola telah melewati garis gawang.

Kejadian itu berawal dari serangan balik yang dilakukan para pemain Ukraina. Artem Milevskiy mengirim umpan kepada Marko Devic, dan striker Ukraina itu berhasil lolos dari jebakan offside. Devic kemudian menggiring bola ke lini pertahanan Inggris.

Halaman
12
Penulis: Dodi Esvandi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help