• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Tergugah Kampanye Respect, Suporter Tukar Kostum

Kamis, 21 Juni 2012 00:04 WIB
Tergugah Kampanye Respect, Suporter Tukar Kostum
TRIBUNNEWS.COM/Husein Sanusi
Ekspresi persahabatan antara fans Spanyol dan Italia sebelum dan sesudah pertandingan Spanyol versus Italia di Gdasnk Arena, Polandia, Minggu (10/6/2012). (TRIBUNNEWS.COM/Husein Sanusi)

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – Federasi sepakbola Eropa (UEFA) makin gencar mengkampenyakan Respect di ajang perhelatan Euro 2012 yang sudah menyelesaikan babak penyisihan grup. Respect adalah sikap saling menghormati yang diharapkan bisa terjalin antar sesama lewat sepakbola sebagai pemersatu.

Kampanye Respect ini dilakukan di mana-mana, dalam setiap tayangan iklan di televisi-televisi Polandia dan tak ketinggalan tayangan layar lebar di setiap fans zone tempat berkumpulnya ribuan fans dari berbagai negara.

Di fans zone Palace Culture, Warsawa, yang jadi tempat terbesar berkumpulnya fans dari berbagai negara, terlihat tayangan iklan Respect ini berulang-ulang ditampilkan.

Bahkan pembawa acara di atas panggung secara khusus memandu para penonton menjelaskan tujuan tayangan Respect di sela-sela pertandingan Spanyol kontra Ukraina, Selasa (19/6/2012) dinihari.

Dalam tayangan iklan berdurasi lima menit tersebut, UEFA mengemasnya dalam bentuk tayangan kreatif yang diberi judul "Change Your Jersey". Dalam tayangan itu ditampilkan beberapa pemain bintang dari berbagai negara.

Karim Benzema mewakili Perancis melepas kaos timnas Perancisnya lalu diserahkan kepada Clarence Seedorf, sebagai representasi Timnas Belanda. Seedorf yang sudah pensiun dari timnas juga membuka kaos Belanda-nya dan menyerahkan kepada Benzema.

Tidak hanya dua pemain bintang Perancis dan Belanda itu, adegan serupa juga dipertontonkan oleh pemain-pemain bintang lainnya dari berbagai negara Eropa termasuk juga wasit legendaris asal Italia Pierluigi Collina yang juga jadi bintang iklan Respect.

Tontonan ini cukup menggugah ribuan suporter yang memadati fans zone Palace Culture. Setelah pertandingan Spanyol kontra Ukraina berakhir, beberapa fans Spanyol membuka kaosnya lalu diberikan kepada fans Kroasia yang juga rela melepas kaos Kroasia yang dikenakannya.

Pemandangan ini indah terlihat. Meski suporter dari kedua kesebelasan sangat emosional bersaing mendukung tim kesayangannya masing-masing. Tapi mereka tetap menjaga kerukunan setelah pertandingan selesai.

Tak ada satu pun keributan terjadi saat dan sesudah nonton bareng. Suatu sikap saling menghormati yang harus ditiru oleh penggemar sepakbola tanah air yang masih sering diwarnai aksi saling memusuhi saat berbeda klub.

Respect sendiri menjadi perhatian serius UEFA mengingatnya banyaknya isu-isu miring saat perhelatan Euro 2012. Bahkan kabar tentang isu rasisme sempat merebak dimana-mana. Bentuk penghinaan terhadap pemain kulit hitam sempat dialami pemain Inggris, Belanda dan Italia.

Namun pada akhirnya isu-isu itu mereda setelah masing-masing pihak saling memahami bahwa sepakbola bisa menyatukan semua latar belakang bangsa.

Termasuk sikap warga Polandia sendiri yang hingga saat ini masih sangat welcome terhadap setiap orang yang mendatangi negara mereka.(Tribunnews.com/cen)

Penulis: Husein Sanusi
Editor: Dodi Esvandi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas