• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribunnews.com

Korsel Siapkan Serangan Udara ke Korut

Sabtu, 4 Desember 2010 07:01 WIB
Korsel Siapkan Serangan Udara ke Korut
huffingtonpost.com
Tentara Korsel saat latihan tempur bersama AS
TRIBUNNEWS.COM- Korea Selatan menyiapkan serangan udara dengan pesawat tempur canggih jika pihak  Korut memancing lagi dengan tembakan artilerinya.  Demikian janji Kim Kwan-jin menteri pertahanan Korea Selatan yang baru.

Hal itu menjawab pertanyaan dan desakan parlemen Korsel saat menjalani uji kelayakan sebelum dikukuhkan menggantikan Menhan lama yang undur diri karena low responsif tanggapi serangan Korut beberapa waktu lalu.

Diketahui, Korea Utara melancarkan serangan artileri ke satu pulau di Selatan dekat perbatasan yang dipersengketakan kedua negara pekan lalu, menewaskan 4 orang dan menghancurkan banyak rumah.

Kepala intelijen Korea Selatan mengatakan Korut disinyalir bakal melancarkan serangan besar lagi.  Ketegangan memuncak di kawasan itu sejak puluhan peluru roket Korea Utara ditembakkan ke pulau Yeonpyeong tanggal 23 November. Dua warga sipil dan dua marinir Korea Selatan tewas. Serangan artileri itu dilakukan setelah pasukan Korea Selatan menggelar latihan di wilayah itu.

"Kalau Korea Utara memancing lagi, kami pasti akan menggunakan pesawat tempur untuk menyerang Korea Utara," kata Kim. Dia juga mengkritik pendahulunya dengan mengatakan militer tidak boleh mengabaikan laporan intelijen yang menyebutkan kemungkinan serangan dari Korut.

Menhan lama Kim Tae-young dipaksa mundur beberapa hari setelah serangan roket terhadap pulau Yeonpyeong, di tengah kritikan bahwa reaksi militer lambat dan lemah.

Kim Kwan-jin, seorang mantan jenderal dan pernah menjadi kepala staf gabungan Korea Selatan, mengatakan di depan sidang penetapannya bahwa dia akan memperkuat aturan tindakan militer, untuk memberikan kekuasaan yang lebih besar kepada panglima militer. Tidak itu saja, sejak komando dia pegang, di tataran komandan di lapangan juga diberi kekuasaan untuk menentukan sikap respon lebih proaktif bila ada serangan. (bbc)
Editor: Iswidodo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
68795 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Ami Whyme-Sabtu, 18 Desember 2010 Laporkan
    asyiiiiiiiiiiiiiik perang aku jago in korea utara .. dibantu china dan rusia.. ayo lanjutkan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas