• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

Anda Tahu Letak Gambar Iblis di Lukisan Dinding Gereja?

Rabu, 9 November 2011 14:00 WIB
Anda Tahu Letak Gambar Iblis di Lukisan Dinding Gereja?
(AP Photo/Basilica of St. Francis in Assisi)
CITRA IBLIS - Lukisan dinding karya seniman lukis Italia, Giotto yang menggambarkan proses kematian Saint Fransiskus dari Assisi. Setelah puluhan abad, baru saat ini terkuak terdapat citra iblis bertanduk yang tengah tersenyum. (insert citra wajah iblis)

TRIBUNNEWS.COM - Ahli sejarah seni, Chiara Frugoni mengklaim telah menguak misteri di balik lukisan dinding karya Giotto, di langit-langit Gereja Basilica Assisi, Roma. Misteri tersebut berupa penampakan gambar iblis bertanduk tengah tersenyum yang selama berabad-abad baru diketahui sekarang.

Di mana letak persis gambar iblis tersebut? Anda sudah bisa mengetahui dari gambar lukisan yang ada? Bila belum, Chiara Frugoni menjelaskan, citra iblis 'tersembunyi' secara apik dalam awan berputar di dekat malaikat. Mengapa awan berputar di tempatkan di titik tersebut pada lukisan? Itu yang masih menjadi misteri.

Frugoni yang menghabiskan 30 tahun meneliti alur di lukisan yang ada di bagian atas Tonggak Gereja Umbrian tersebut juga memberi gambaran sebuah citra iblis itu sebenarnya adalah bentuk ruang kosong dalam gambar awan. Sebagai catatan, lukisan karya Giotto itu menggambarkan proses kematian Saint Fransiskus, seorang tokoh agama saat itu. Frugoni meyakini lukisan Giotto dibuat pada tahun 1289.

Pendeta Enzo Fortunato, tokoh gereja, mengatakan pada abad pertengahan ada kepercayaan saat kematian menjemput, hanya ada dua figur yang hadir bersama sang ajal, malaikat dan iblis. Malaikat datang untuk menemani seseorang bila masuk surga, atau iblis yang mengawal sesorang bila masuk neraka.

Terkuaknya misteri gambar lain di balik sebuah lukisan ini sejatinya bukan yang pertama. Fortunato menyebut, selama dua abad, fenomena adanya citra misteri di balik sebuah lukisan yang terkenal adalah munculnya sosok ksataria yang muncul dari awan karya Andrea Mantegna.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Yudie Thirzano
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
3 KOMENTAR
180849 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • rahasia-Jumat, 11 November 2011 Laporkan
    Ga usah jauh2x lah, ngaca
    aja, pasti masing2x liat
    setan, hehe...
  • Tias Wilis-Kamis, 10 November 2011 Laporkan
    Memangnya apa yang aneh dengan adanya gambar iblis di lukisan di dinding gereja? Bukankah faktanya Tuhan memang menciptakan iblis? Menurut saya, si pelukis justru seseorang yang sangat beriman karena dia tidak hanya mengakui adanya malaikat tetapi juga ib
  • Agri Desturu-Rabu, 9 November 2011 Laporkan
    sepertinya bukan hanya pd gambar awan putih saja yg menggambarkan "citra iblis" tsb, tapi jika diamati dgn seksama, keseluruhan gambar lukisan itulah yg sesungguhnya menggambarkan "citra iblis" coba diamati dari kejauhan atau perkecil gambar lukisannya ma
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas