Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Iran Tahan Pesawat Siluman Amerika Serikat

Jumat, 9 Desember 2011 15:26 WIB

Iran Tahan Pesawat Siluman Amerika Serikat
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Otoritas Pemerintah Iran, dikabarkan menahan sebuah pesawat siluman Amerika Serikat, RQ-170 Sentinel.

Seperti sebuah cuplikan pemberitaan televisi Iran, Jumat (9/12/2011). Cuplikan video televisi tersebut memperlihatkan pesawat siluman Amerika tersebut dalam kondisi baik, dan beberapa petugas Iran tengah melakukan pemeriksaan.

Pesawat itu menurut otoritas Iran, dikabarkan jatuh di kilometer 225 dekat dengan perbatasan Afghanistan.

Sebelumnya, Pemerintah Amerika mengumumkan pihaknya telah kehilangan sebuah pesawat tak berawak, dimana pesawat tersebut diduga mengalami kegagalan terbang.

Namun otoritas Iran menyatakan pihaknya lah yang telah membajak secara elektronik dan menyetir pesawat tersebut untuk mendarat. Menurut pemberitaan TV Press Iran, pasukan Iran kesatuan elektronik mendaratkan pesawat tak berawak pada tanggal 4 Desember saat terbang di atas kota Kashmar.

Menurut Kepala Unit Udara Garda Revolusi Iran, Brigjen Amir-Ali Hajizadeh, pesawat siluman milik Amerika tersebut jatuh ke dalam perangkap kesatuan elektronik dan berhasil mendaratkannya dengan kerusakan minimum.

Sebuah laporan di New York Times menyatakan pesawat siluman itu merupakan bagian dari program pemetaan AS atas dugaan situs nuklir Iran. Hal itu menyusul laporan lembaga pengawas nuklir PBB, yang mengatakan Iran telah melakukan serangkaian tes pembangunan peralatan nuklir.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Johnson Simanjuntak
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas